Konflik Komunikasi Dalam Pengelolaan Wisata Alam Alaska Kabupaten Kediri

Wulandari, Revika (2023) Konflik Komunikasi Dalam Pengelolaan Wisata Alam Alaska Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933508318_prabab.pdf

Download (8MB)
[img] Text
933508318_bab1.pdf

Download (370kB)
[img] Text
933508318_bab2.pdf

Download (377kB)
[img] Text
933508318_bab3.pdf

Download (232kB)
[img] Text
933508318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
933508318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
933508318_bab6.pdf

Download (100kB)
[img] Text
933508318_daftarpustaka.pdf

Download (319kB)
[img] Text
933508318_sp.pdf

Download (327kB)

Abstract

Revika Wulandari, Dosen Pembimbing Dr. Khaerul Umam, M.Ud dan Dr. Trimurti Ningtyas, M. KP, Konflik Komunikasi Dalam Pengelolaan Wisata Alam Alaska Kabupaten Kediri, Skripsi, Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci : Konflik Komunikasi, Pengelolaan Pariwisata. Konflik komunikasi merupakan bentuk perjuangan yang diungkapkan oleh paling sedikit dua orang yang sama-sama menggantungkan diri terhadap orang lain namun disisi lain mereka memiliki tujuan yang tidak selaras serta adanya hambatan untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam hal ini telah terjadi konflik dalam pengelolaan sebuah wisata di Kabupaten Kediri. Penyebab komunikasi yang terjalin antar orang-orang yang ada dalam organisasi perlu dijaga agar tujuan yang telah direncanakan bisa tercapai. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui bagaimana relasi antara pengelola dan pedagang di wisata alam Alaska serta bagaimana proses konflik komunikasi itu bisa terjadi dalam pengelolaan wisata alam Alaska ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni dengan memperoleh sumber data dari pedagang dan pengelola wisata alam Alaska sebanyak tujuh orang, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu relasi antara pedagang dan pengelola di wisata alam Alaska yakni terdapat interaksi atau komunikasi dalam kegiatan rapat. Selain itu komunikasi yang berjalan searah serta munculnya sebuah keterpaksaan para pedagang. Proses konflik komunikasi dalam pengelolaan wisata alam Alaska disini diawali dengan adanya perbedaan kepentingan antar pengelola. Yang kedua adanya penolakan kerjasama oleh pengeloladengan pihak ketiga. Tahap konflik selanjutnya yakni pengelola yang tidak turut hadir dalam rapat untuk menyelesaikan konflik yang saat itu terjadi. Tindakan yang diambil pengelola tersebut yakni tidak hadir dalam rapat menyebabkan ditutupnya wisata selama kurang lebih satu bulan. Dan pada akhirnya solusi yang diambil oleh pengelola agar wisata tersebut agar tetap buka yakni dengan membuat kesepakatan yaitu dengan melakukan relokasi pedagang yang awalnya ada di dalam wisata menjadi di luar wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1506 Tourism
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: REVIKA WULANDARI
Date Deposited: 25 May 2023 06:42
Last Modified: 25 May 2023 08:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8391

Actions (login required)

View Item View Item