Khusfarini, Indah (2023) Pengaruh Parenting Style Authoritative, Authoritarian, Dan Permissive Terhadap Tingkat Adiksi Internet Siswa Kelas 5 Dan 6 Di MI Sunan Ampel Wonorejo Desa Semanding Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933426118_Prabab.pdf Download (887kB) |
|
Text
933426118_Bab1.pdf Download (176kB) |
|
Text
933426118_Bab2.pdf Download (213kB) |
|
Text
933426118_Bab3.pdf Download (402kB) |
|
Text
933426118_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
933426118_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
Text
933426118_Bab6.pdf Download (120kB) |
|
Text
933426118_Daftar Pustaka.pdf Download (136kB) |
Abstract
Adiksi internet adalah ketidakmampuan mengontrol keinginan untuk terus menggunakan internet sehingga mengganggu kehidupan penggunanya seperti gangguan psikologis, sosial, belajar, dan karir. Sebagaimana yang terjadi pada siswa kelas 5 dan 6 di MI Sunan Ampel, penyebab dari siswa yang mengalami adiksi internet salah satunya dari Parenting Style (pola asuh). Tidak adanya pendampingan dari orang tua ketika mengerjakan tugas yang diberikan guru. Serta Mayoritas pendidikan Orang tua didesa yang rendah yang tidak mau ambil pusing mengenai kegiatan pembelajaran daring yang hanya menyerahkan semuanya ke anak untuk mengerjakan tugasnya sendiri tanpa mendapingi secara khusus. Karena itu penelitian ini ingin mengetahui pengaruh parenting style terhadap kecenderungan adiksi internet pada siswa kelas 5 dan 6 di MI Sunan Ampel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 75 siswa yang berasal dari kelas 5 dan 6. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui adanya pengaruh antara variabel parenting style Authoritative, Authoritarian, Permissive dengan adiksi internet. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa 1) Parenting style pada kelas 5 dan 6 di MI Sunan Ampel Wonorejo , dari 75 responden mayoritas pola asuh pada kelas 5 dan 6 di MI Sunan Ampel Wonorejo adalah pola asuh demokratis. 2) Adiksi Internet pada siswa kelas 5 dan 6 di MI Sunan Ampel Wonorejo dikategorikan Tinggi dengan jumlah 31 dengan presentase 42 %. 3) Ada pengaruh signifikan antara parenting style terhadap adiksi internet pada siswa kelas 5 dan 6 di MI Sunan Ampel Wonorejo, dengan persentase pola asuh demokratis sebesar 8.1%, pola asuh otoriter 6%, dan pola asuh permisif 5.4%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Indah Khusfarini |
Date Deposited: | 25 May 2023 04:01 |
Last Modified: | 25 May 2023 04:01 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8388 |
Actions (login required)
View Item |