Implementasi Hasil Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim Terhadap Kepribadian Mahasiswa IAIN Kediri

Rifki, Ahmad (2022) Implementasi Hasil Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim Terhadap Kepribadian Mahasiswa IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932141218_Prabab.pdf

Download (456kB)
[img] Text
932141218_BAB 1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
932141218_BAB 2.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932141218_BAB 3.pdf

Download (124kB)
[img] Text
932141218_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
932141218_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
932141218_BAB6.pdf

Download (110kB)
[img] Text
932141218_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
932141218_Surat Pernyataan.pdf

Download (214kB)

Abstract

RIFKI, AHMAD. Pembimbing I Dr. H. Ali Anwar, M.Ag. dan Pembimbing II Nurul Ahsin, M.Pd.I. Implementasi hasil pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim Terhadap Kepribadian Mahasiswa IAIN Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim, dan Kepribadian. Implementasi merupakan suatu rangkaian atau rencana yang telah di persiapkan oleh seseorang setelah melakukan suatu interaksi. Kepribadian adalah segala bentuk reaksi dan interaksi seseorang terhadap sesama makhluk sosial. Kepribadian sering di kaitkan dengan penggunaan untuk mencirikan prilaku seseorang. Kepribadian bisa terlahir salah satunya dar pembelajaran. Pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim salah satunya dalam melahirkan kepribadian seseorang dalam menuntut ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaslakan implementasi hasil pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim terhadap kepribadian mahasiswa IAIN Kediri. (2) Untuk mengetahui perbedaan kerpribadian mahasiswa IAIN Kediri sebelum dan sesudah mempelajari kitab Ta’lim Muta’allim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian interaksi simbolik Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam rangka memperoleh temuan yang sesuai dengan fokus permasalahan, proses analisa dilakukan melalui tiga langkah, yaitu : pertama mereduksi data untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan memudahkan pengumpulan data, kedua penyajian paparan data untuk meningkatkan pemahaman fokus penelitian dan sebagai acuan pengambilan tindakan, ketiga penarikan kesimpulan berdasarkan hasil penelitian untuk menjawab fokus penelitian bersdasarkan hasil analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) dalam mengimplementasikan hasil pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim terhadap kepribadian mahasiswa IAIN Kediri yakni: Pertama implementasi dalam menghormati ilmu dan dosen di IAIN Kediri. Kedua.implementasi dalam memprioritaskan ilmu dan memilih teman pergaulan dalam menuntut ilmu di IAIN Kediri. Ketiga, implementasi dalam berhati-hati memutuskan tindakan atau wara’ di IAIN Kediri. (2) perbedaan sebelum dan sesudah mempelajari kitab Ta’li Muta’allim yakni: Pertama, pribadi mahasiswa yang sebelumnya asik sendiri dan urang memahami dalam menghormati ilmu dan dosen, mahasiswa menjadi pribadi yang lebih menghargai ilmu dan dosen baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Kedua, Mahasiswa sebelumnya tidak memprioritaskan ilmu dalam belajar dan bebas dalam bergaul tanpa memfilter teman pergaulan, pribadi mahasiswa menjadi memperioritaskan ilmu agama dalam belajar dan memfilter pergaulan yang bisa membantu dalam belajar. Ketiga, sebelumnya mahasiswa memutuskan tindakan secara spontan, menjadi pribadi yang menganaslisa terlebih dahulu dalam memutuskan tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Rifki
Date Deposited: 22 May 2023 02:59
Last Modified: 22 May 2023 03:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8313

Actions (login required)

View Item View Item