Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD Pawyatan Daha 1 Kota Kediri

Alifia, Putri Lestari (2022) Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD Pawyatan Daha 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932600218_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932600218_bab1.pdf

Download (368kB)
[img] Text
932600218_bab2.pdf

Download (403kB)
[img] Text
932600218_bab3.pdf

Download (493kB)
[img] Text
932600218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932600218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
932600218_bab6.pdf

Download (229kB)
[img] Text
932600218_daftarpustaka.pdf

Download (440kB)
[img] Text
932600218_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Alifia Putri Lestari, 2022. Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Pawyatan Daha 1 Kota Kediri. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dosen Pembimbing (1) Ibu Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd. (2) Ibu Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I Kata kunci : Problematika, Implementasi, Kurikulum, Kurikulum Merdeka, SD Skripsi ini merupakan suatu kajian ilmiah yang membahas tentang problematika implementasi kurikulum merdeka di SD Pawyatan Daha 1 Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Bagaimana kesiapan guru kelas 1 dan kelas 4 dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SD Pawyatan Daha 1 Kota Kediri; 2) Apa saja problematika yang dihadapi guru kelas 1 dan kelas 4 dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SD Pawyatan Daha 1 Kota Kediri; 3) Bagaimana upaya para guru kelas 1 dan kelas 4 dalam mengatasi problematika implementasi Kurikulum Merdeka di SD Pawyatan Daha 1 Kota Kediri. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan pihak terkait seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru yang mengajar di kelas 1 dan kelas 4, serta siswa kelas 1 dan kelas 4. Peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data antara lain keikutsertaan peneliti, penentuan pengamatan dalam observasi dan triangulasi. Tahap terakhir adalah tahap pra lapangan, tahap di lapangan, tahap analisa, dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kesiapan para guru kelas 1 dan kelas 4 dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SD Pawyatan Daha 1 Kota Kediri yaitu dengan cara memperbanyak referensi, menjadikan pembelajaran semenarik mungkin, lebih menanamkan ke aspek pengenalan diri dan karakter, mempersiapkan media pendukung pembelajaran yang menarik, RPP, proyek yang akan dikerjakan, dan menyampaikan pembelajaran melalui pendekatan sosial, menggunakan media pembelajaran seperti mainan balok, kubus, praktik, dan lain-lain; 2) Problematika para guru 1 (satu) dan 4 (empat) dalam implementasi kurikulum merdeka yaitu fasilitas, sarana dan prasarana sekolah yang kurang, materi di kurikulum merdeka cenderung lebih susah dan dirasa masih tidak efektif karena para siswa lebih susah mengikuti materinya, para guru kurang referensi, jumlah guru yang sedikit, partisipasi para guru yang kurang ketika melaksanakan kurikulum merdeka, dan sistem implementasi kurikulum merdeka di sekolah yang belum terstruktur dengan baik; dan 3) Upaya guru kelas 1 (satu) dan kelas 4 (empat) di SD Pawyatan Daha 1 Kota Kediri untuk mengatasi segala problematika kurikulum merdeka yaitu dengan berkoordinasi dan berdiskusi melalui sistem sharing dengan guru lain yang satu sekolah atau yang beda sekolah, melengkapi sarana dan prasarana, aktif dalam acara workshop dan pelatihan mengenai kurikulum merdeka, strategi yang dilakukan para guru sesuai dengan konsep pada kurikulum merdeka yaitu memberikan kemerdekaan kepada guru untuk merancang proses pembelajarannya sesuai dengan kebutuhannya serta capaian pembelajaran yang ingin digapai.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifia Putri Lestari
Date Deposited: 29 May 2023 03:55
Last Modified: 29 May 2023 03:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8303

Actions (login required)

View Item View Item