Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada siswa Tunagrahita di SMPLB SLB Budi Mulya Wates Kediri

Mustiko, Galuh (2015) Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada siswa Tunagrahita di SMPLB SLB Budi Mulya Wates Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
9.321.162.11 - Prabab .pdf

Download (317kB)
[img] Text
9.321.162.11-BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
9.321.162.11-BAB II.pdf

Download (776kB)
[img] Text
9.321.162.11-BAB III.pdf

Download (323kB)
[img] Text
9.321.162.11-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
9.321.162.11-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
9.321.162.11-BAB VI.pdf

Download (444kB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak akan pernah lepas dari Berbagai problem, begitu juga dengan problem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita . Fokus penelitian ini adalah :1. Bagaimana proses pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita di SMPLB Budi Mulya Wates Kediri? 2. Problem apa saja yang dihadapi Siswa dalam pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita di SMPLB Budi Mulya wates Kediri? 3. Problem apa saja yang dihadapi Guru dalam pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita di SMPLB Budi Mulya wates Kediri? 4. Bagaimana upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dan guru PAI dalam mengatasi problem pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita di SMPLB Budi Mulya Wates Kediri? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik eksploratif dan deskriptif, untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi, tahap-tahap penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, analisis data dan tahap penulisan laporan data. Dalam hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa Proses pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita di SMPLB SLB Budi Mulya adalah : a). Dalam proses pembelajaran PAI, Guru PAI Menuliskan, membaca dan menerangkan materi dipapan tulis. b).Siswa menulis, membaca dan menyimak materi yang dijelaskan oleh guru.c).jika siswa belum paham/ sulit memahami materi maka guru mengulang-ulang materi tersebut.d) Guru sering mengajarkan praktik kepada siswa. Sedangkan Problematika yang terjadi adalah : a. Motivasi yang rendah dari orang tua. b). Anak tunagrahita cenderung tidak patuh atau tak acuh terhadap guru maupun orang lain,c). mereka juga sulit melakukan konsentrasi saat pembelajaran PAI berlangsung. d). Kurangnya pengalaman guru PAI dalam mendidik siswa tunagrahita.e). Ruang kelas yang kurang kondusif. Dan Upaya yang Dilakukan Pihak sekolah dan guru PAI adalah : a). Menggelar musyawarah dengan wali murid untuk memberikan arahan tentang pentingnya motivasi orang tua terhadap siswa. b).Pendidik memberikan kebebasan sementara kepada siswa yang sedang bosan atau tidak konsentrasi pada pelajaran . c).Membuka lowongan tenaga pendidik di SMPLB Budi Mulya. d). Menggelar seminar- seminar tentang tata cara pembelajaran ABK untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman guru. e). Membangun ruang kelas

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 06 Nov 2019 03:59
Last Modified: 06 Nov 2019 03:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/830

Actions (login required)

View Item View Item