Tinjauan sosiologi hukum islam terhadap jual beli Mystery box di aplikasi shopee (studi kasus pada toko Gadis_aksesoris Magelang)

Kartikasari, Retno Ayu Dyah (2022) Tinjauan sosiologi hukum islam terhadap jual beli Mystery box di aplikasi shopee (studi kasus pada toko Gadis_aksesoris Magelang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
931215818_bab1.pdf

Download (271kB)
[img] Text
931215818_bab2.pdf

Download (314kB)
[img] Text
931215818_bab3.pdf

Download (197kB)
[img] Text
931215818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
931215818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
931215818_bab6.pdf

Download (50kB)
[img] Text
931215818_daftarputaka.pdf

Download (205kB)
[img] Text
931215818_prabab.pdf

Download (1MB)

Abstract

Retno Ayu Dyah Kartikasari. 2022. Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Jual Beli Mystery box Di Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Toko Gadis_aksesoris Magelang), skripsi, program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Amrul Mutaqin,M.EI, Pembimbing (2) Zakiyatus Soimah, M.HI. Kata Kunci: Jual Beli, Sosiologi Hukum Islam, Mystery box Saat ini dengan perkembangan teknologi khususnya internet telah berkembang dengan cepat. Perkembangan teknologi ini mulai muncul banyak toko online seperti Shopee, Tokopedia dan masih banyak lagi. Toko online tersebut menjual berbagai macam produk yang masyarakat butuhkan. Salah satunya ada produk mystery box, produk ini bentuk maupun barang yang dijual belum jelas. Produk mystery box ini mengandung unsur untung-untungan yang bisa memberikan keuntungan maupun kerugian pada pembelinya. Hal ini dilarang dalam Islam karena mengandung gharar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang menekankan pada pemahaman masalah dalam kehidupan sosial berdasarkan kondisi realitas. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara mengumpulkan informasi berupa data Observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa praktek jual beli mystery box ditoko gadis_aksesoris yang dilakukan oleh masyarakat muslim ini dilakukan menggunakan handphone mereka, jual beli ini pembeli tidak dapat mengetahui barang apa yang ada didalamnya pembeli hanya dapat membaca deskripsi singkat yang ada di kolam deskripsi produk mystery box. selain itu ditemukan juga faktor yang melatar belakangi masyarakat tertarik untuk membeli produk ini yaitu Pembeli penasaran dengan hadiah, melihat youtuber yang melakukan review mystery box, sedang trendnya produk ini yang membuat pembeli tertarik, berharap mendapatkan hadiah yang bagus. Adapun alasan mengapa masyarakat muslim masih membeli produk ini padahal praktik ini mengandung ghahar yang jelas dilarang dalam hukum islam, mereka berharap memperoleh keuntungan dengan mendapatkan barang yang bagus tetapi dengan mengeluarkan sedikit uang walaupun mereka tahu bahwa bisa saja mereka mengalami kerugian.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180119 Law and Society (Hukum dan Masyarakat)
18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012702 Salam & Istishna’ (Indent System)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: retno ayu dyah kartikasari
Date Deposited: 19 May 2023 06:57
Last Modified: 19 May 2023 06:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8289

Actions (login required)

View Item View Item