Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Desktop Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Statistika Kelas VIII Di MTs NU Mojosari

Sari, Della Marta (2022) Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Desktop Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Statistika Kelas VIII Di MTs NU Mojosari. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932303318_bab1.pdf

Download (286kB)
[img] Text
932303318_bab2.pdf

Download (433kB)
[img] Text
932303318_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
932303318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932303318_bab5.pdf

Download (229kB)
[img] Text
932303318_daftarpustaka.pdf

Download (183kB)
[img] Text
932303318_prabab.pdf

Download (961kB)

Abstract

ABSTRAK DELLA MARTA SARI, Dosen Pembimbing Ahmad Syamsudin, M.Kom, dan Nur Fadilatul Ilmiyah, M.Si, Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Desktop Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Statistika Kelas VIII Di MTs NU Mojosari, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci : E-Modul Interaktif, Pendekatan Matematika Realistik, Statistika. Penelitian tentang “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Desktop Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Statistika Kelas VIII Di MTs NU Mojosari” dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa. Media pembelajaran matematika di MTs NU Mojosari yang masih menggunakan media cetak membuat siswa mudah merasa bosan. Selain itu, siswa kurang dalam memahami penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dikembangkan e-modul interaktif berbasis desktop dengan pendekatan matematika realistik dengan tujuan memotivasi siswa dalam belajar, serta e-modul interaktif akan ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan penerapan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima langkah penelitian, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas VIII MTs NU Mojosari yang diambil secara acak dan 22 siswa kelas VIII-F dari MTs NU Mojosari. Berdasarkan data hasil validasi produk, penilaian validator ahli media memenuhi kriteria sangat valid dengan skor 83%, penilaian validator ahli materi memenuhi kriteria valid dengan skor 73%, penilaian kepraktisan oleh guru memenuhi kriteria sangat praktis dengan skor 92%, penilaian kepraktisan dari respon siswa pada uji skala kecil memenuhi kriteria sangat praktis dengan skor 92%, sedangkan uji coba skala besar memenuhi kriteria sangat praktis dengan skor 84%, sedangkan hasil ketuntasan belajar siswa mencapai persentase lebih dari 75% yaitu sebesar 82%, maka e-modul interaktif efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasil validasi dan uji coba dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif berbasis desktop dengan pendekatan matematika realistik pada materi statistika kelas VIII di MTs NU Mojosari adalah valid dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010206 Operations Research (Operasi pencarian)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Della Marta Sari
Date Deposited: 15 May 2023 03:10
Last Modified: 15 May 2023 08:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8276

Actions (login required)

View Item View Item