Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di JII70 Tahun 2019-2021)

Budiarti, Kartika Piniji Dwi (2023) Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di JII70 Tahun 2019-2021). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20505006_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20505006_bab1.pdf

Download (938kB)
[img] Text
20505006_bab2.pdf

Download (694kB)
[img] Text
20505006_bab3.pdf

Download (490kB)
[img] Text
20505006_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20505006_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text
20505006_bab6.pdf

Download (221kB)
[img] Text
20505006_daftar_pustaka.pdf

Download (362kB)
[img] Text
20505006_suratpernyataan.pdf

Download (330kB)

Abstract

ABSTRAK KARTIKA PINIJI DWI BUDIARTI. Dosen Pembimbing Dr. Zuraidah, M.Si dan Dr. Ahmad Syakur, M.EI. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di JII70 Tahun 2019-2021), Ekonomi Syariah, Pascasarjana IAIN Kediri 2022. Kata Kunci : Intellectual Capital, Nilai Perusahaan, Profitabilitas Intellectual capital dimaknai sebagai asset tak berwujud pada sebuah perusahaan yang memberikan manfaat bagi peningkatan nilai serta daya saing sehingga perusahaan lebih unggul dari para kompetitornya. Nilai perusahaan merupakan penilaian dari stakeholder mengenai kinerja perusahaan dimasa yang akan datang maupun saat ini. Profitabilitas dimaknai sebagai kecakapan dari sebuah perusahaan dalam memperoleh keuntungan pada periode tertentu. Perusahaan akan berusaha mengelola Intellectual Capital dengan baik agar lebih unggul dari para pesaingnya dan nilai tambah yang diciptakan lebih optimal sehingga tingkat profitabilitas yang dihasilkan akan mengalami peningkatan dan berdampak pada meningkatnya penilaian dari stakeholder terhadap perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap nilai perusahaan, pengaruh intellectual capital terhadap profitabilitas, pengaruh perofitabilitas terhadap nilai perusahaan dan pengaruh intellectual capital terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Pada penelitian ini Intellectual Capital di proksikan oleh VAHU, STVA dan VACA. Nilai Perusahaan diproksikan oleh PBV dan Profitabilitas diproksikan oleh ROA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang secara konsisten terdaftar di JII70 periode 2019-2022. Jumlah sampel penelitian ini adalah 10 perusahaan. Jumlah data yang diteliti sebanyak 120 data. Hasil pengujian dengan menggunaka path analysis atau analisis jalur menunjukkan bahwa VAHU dan VACA berpengaruh terhadap PBV sedangkan STVA tidak berpengaruh terhdap PBV. STVA dan VACA berpengaruh terhadap ROA sedangkan VAHU tidak berpengaruh terhadap ROA. ROA tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. ROA mampu memediasi pengaruh STVA terhadap PBV. Sementara pengaruh VAHU dan VACA terhadap PBV tidak mampu dimediasi oleh ROA. Kontribusi VAHU, STVA, VACA serta ROA terhadap PBV sebesar 56,7% dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Kontribusi VAHU, STVA dan VACA terhadap ROA sebesar 80,8% dan sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Kartika Paniji Dwi Budiarti
Date Deposited: 09 May 2023 04:19
Last Modified: 09 May 2023 06:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8219

Actions (login required)

View Item View Item