Fiardhi, Muhammad Haris (2018) Komunikasi Antarbudaya Peserta Kkn/Ppl Thailand Mahasiswa STAIN Kediri Terhadap Peserta Didik Di Thailand Selatan Tahun Ajaran 2017-2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933500414-prabab.pdf Download (729kB) |
|
Text
933500414-bab1.pdf Download (427kB) |
|
Text
933500414-bab2.pdf Download (607kB) |
|
Text
933500414-bab3.pdf Download (365kB) |
|
Text
933500414-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
|
Text
933500414-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
Text
933500414-bab6.pdf Download (209kB) |
|
Text
933500414-DAFTARPUSTAKA.pdf Download (324kB) |
Abstract
Penyampaian pesan adalah hal yang sangat mendasar dalam komunikasi. Hal tersebut menjadi tantangan dan permasalahan tersendiri jika komunikasi yang terjadi adalah komunikasi antarbudaya. Untuk menjalankan interaksi antar budaya tersebut, jelas harus menggunakan komunikasi yang bisa menjembatani kegiatan belajar dan mengajar antar kultur yang berbeda. Tidak semua mahasiswa STAIN Kediri sebagai peserta KKN/PPL di Thailand Selatan yang merupakan mahasiswa Indonesia bisa menggunakan bahasa Thailand dengan fasih. Terlebih program kegiatan KKN/PPL tersebut terfokus pada kegiatan belajar dan mengajar dan posisi mereka adalah sebagai guru atau tutor peserta didik di sana. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti disini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya. Oleh karena itu penelitian ini akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observatif partisipan dan non partisipan. Selain itu juga terdapat metode wawancara atau interview. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan terakhir adalah penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap peserta KKN/PPL di Thailand Selatan, dapat diketahui bahwa bentuk komunikasi yang terjalin antara peserta KKN/PPL dengan peserta didik adalah berupa komunikasi bahasa verbal dan nonverbal. Selain itu, diketahui bahwa faktor yang mendukung komunikasi tersebut adalah penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dan gesture tubuh. Bantuan penerjemahan dari guru pembimbing juga menjadi bentuk pendukung lainnya. Sementara, faktor penghambat komunikasi antar kedua belah pihak adalah keterbatasan penguasaan bahasa dan perbedaan persepsi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 06 Nov 2019 00:29 |
Last Modified: | 06 Nov 2019 00:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/821 |
Actions (login required)
View Item |