Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus Di BMT An-Nuur Jombang)

Laiyinah, Ella Nashokhatul (2022) Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus Di BMT An-Nuur Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931411817_PRABAB.pdf

Download (226kB)
[img] Text
931411817_BAB 1.pdf

Download (177kB)
[img] Text
931411817_BAB 2.pdf

Download (304kB)
[img] Text
931411817_BAB 3.pdf

Download (186kB)
[img] Text
931411817_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
931411817_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
931411817_BAB 6.pdf

Download (37kB)
[img] Text
931411817_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
931411817_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
931411817_suratpernyataan.pdf

Download (363kB)

Abstract

ABSTRAK ELLA NASOKHATUL LAIYINAH, Dosen Pembimbing Dr. Andriani SE, MM dan Sholeh Mauludin SE, M.SI : Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus di BMT AN-NUUR Jombang), Perbankan Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Kepuasan Nasabah, Loyalitas, Pembiayaan Murabahah. Kepuasan nasabah merupakan suatu perasaan seseorang dimana merasa puas atau sebaliknya setelah menerima suatu pelayanan atau jasa dari suatu lembaga atau institusi yang lain. Terciptanya sebuah kepuasan nasabah dapat memicu hubungan antara BMT dengan nasabah menjadi harmonis, yang selanjutnya akan menciptakan loyalitas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kepuasan nasabah dan loyalitas pada pembiayaan murabahah serta mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pada pembiayaan murabahah di BMT AN-NUUR Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah pada pembiayaan murabahah yang berjumlah 518 nasabah. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi dan regresi sederhana. Selain itu juga dilakukan analisis menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi .Data diolah dengan menggunakan program IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah pada BMT AN-NUUR Jombang masing-masing dikategorikan cukup, hal ini dapat dibuktikan 32,19 dan 29,81 berada di ketegorisasi cukup. Terdapat hubungan yang tinggi 0,658. Dan terdapat pengaruh antara kepuasan nasabah dengan loyalitas pada pembiayaan murabahah. Kemudian diketahui bahwa nilai r2 (koefisien determinasi) sebesar 0,433 atau 43,3% ini berarti kemampuan variabel bebas (kepuasan nasabah) menjelaskan variabel terikat (loyalitas nasabah dalam pembiayaan murabahah) sebesar 43,3% sedangkan sisanya 56,7% dipengaruhi oleh variabel lain yaitu kesukaan terhadap produk, komitmen, perilaku kebiasaan dan biaya pengalihan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012703 Murabahah & Bai' Muajjal (Credit Sale)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Ella Nasokhatul Laiyinah
Date Deposited: 02 May 2023 07:07
Last Modified: 03 May 2023 04:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8198

Actions (login required)

View Item View Item