Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah BSI TABUNGAN EASY WADIAH (Studi Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kabupaten Sampang)

Rahmah, Zakiyah Zulfa (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah BSI TABUNGAN EASY WADIAH (Studi Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kabupaten Sampang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931421718_prabab.pdf

Download (679kB)
[img] Text
931421718_bab1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
931421718_bab2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
931421718_bab3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
931421718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text
931421718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
931421718_bab6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931421718_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931421718_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
931421718_suratpernyataan.pdf

Download (687kB)

Abstract

ZAKIYAH ZULFA RAHMAH, Dosen Pembimbing Dr. Hj. Zuraidah, M.Si dan Arif Zunaidi, S.H.I., M.E.I. : Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah BSI Tabungan Easy Wadiah (Studi Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kabupaten Sampang Madura).Perbankan Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Easy Wadiah dan Bank Syariah Indonesia. Bank Syariah Indonesia adalah lembaga keuangan dengan sistem operasional yang menerapkan prinsip dasar sesuai syariah. Dalam Lembaga Keuangan Syariah memberikan pelayanan yang baik kepada seluruh nasabah menjadi hal yang sangat penting,hal tersebut dapat membuat nasabah menjadi puas terhadap lembaga keuangan tersebut dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi loyal dan merekomendasikan kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang ada pada Bank Syariah Indonesia Kabupaten Sampang Madura, kepuasan nasabah BSI Tabungan Easy Wadiah dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah BSI Tabungan Easy Wadiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik sampling jenis sampling purposive yang dapat diartikan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, adapun syaratnya adalah minimal satu tahun telah menggunakan pelayanan Bank Syariah indonesia Kabupaten Sampang Madura. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BSI Tabungan Easy Wadiah sebanyak 5988 nasabah. Hasil penelitian variabel Kualitas Pelayanan (X) sebanyak 99,07% responden menyatakan bahwa kualitas pelayanan Bank Syariah Indonesia Kabupaten Sampang Madura mendapat kategori baik. Kemudian hasil penelitian untuk variabel Kepuasan Nasabah (Y) sebanyak responden sebanyak 99,09% responden menyatakan bahwa kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia Kabupaten Sampang Madura memperoleh kategori puas. Hasil Uji korelasi pada penelitian ini menunjukkan nilai 0.688 yang artinya terdapat hubungan antara kedua variabel. Hubungan antara Variabel X dan Y berada pada taraf sangat kuat, yaitu dari nilai person correlation berada antara nilai 0,61-0,80. Selain itu,hasil analisis korelasi keseluruhan variabel Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Nasabah ,ditunjukkan dengan besarnya Multiple R yaitu 0.580 dan thitung pada variabel kualitas pelayanan yaitu 2,880. maka thitung > ttabel yaitu 2,880 > 1,649, sehingga dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan mempunyai hubungan yang kuat terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Syariah indonesia Kabupaten Sampang Madura. Kemudian hasil analisis regresi linier sederhana memperoleh hasil Y = 40,617 + 0,103 X yang artinya menunjukkan bahwa penambahan 1% nilai kualitas pelayanan maka nilai kepuasan nasabah akan bertambah sebesar 0,103, sedangkan koefisien Determinasi R square sebesar 0,338 yang artinya Kualitas Pelayanan mempengaruhi Kepuasan Nasabah sebesar 33,8% dan sisanya 66,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini yaitu terjangkaunya harga, faktor emosional dan kemudahan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Zakiyah Zulfa Rahmah
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:45
Last Modified: 13 Apr 2023 04:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8178

Actions (login required)

View Item View Item