Analisis Pelayanan Rumah Sakit Umum Lirboyo Kediri Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam

Sikha, Inayatul Alfa (2018) Analisis Pelayanan Rumah Sakit Umum Lirboyo Kediri Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931307013_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
931307013_bab1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
931307013_bab2.pdf

Download (392kB)
[img] Text
931307013_bab3.pdf

Download (181kB)
[img] Text
931307013_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
931307013_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
931307013_bab6.pdf

Download (157kB)
[img] Text
931307013_daftarpustaka.pdf

Download (224kB)

Abstract

ABSTRAK INAYATUL ALFA SIKHA, Dosen Pembimbing Sri Anugerah Natalina, MM dan Sulistyowati, S.HI, M.EI :Analisis Pelayanan Rumah Sakit Umum Lirboyo Kota Kediri Ditinjau dari Etika Bisnis Islam, Ekonomi Syariah, Syariah, STAIN Kediri 2017. Kata Kunci : Pelayanan Rumah Sakit, Etika Bisnis Islam. Pelayanan adalah pemberian pelayanan (melayani) yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan sebagai upaya untuk pemenuhan kebutuhan dan keperluan penerima pelayanan atau yang sesungguhnya diharapkan oleh masyarakat. Pelayanan yang baik dan berkualitas mempunyai peran penting pada kemajuan perusahaan khususnya lembaga kesehatan atau rumah sakit. Terciptanya kualitas layanan tentunya akan menciptakan kepuasan terhadap pengguna layanan dan pasien kembali datang untuk berobat ketika sakit. Islam menganjurkan untuk senantiasa tolong-menolong dalam hal kebaikan serta memberikan pelayanan yang berkualitas. Sehingga dalam suatu pelayanan dibutuhkan etika bisnis islam yang akan memberikan pandangan positif terhadap RSU Lirboyo Kediri yang notabennya rumah sakit yang bernaung dibawah pondok pesantren. Terdapat lima ketentuan umum dalam Etika Bisnis Islam yaitu: Ketuhanan, keseimbangan, kebebasan, pertanggungjawaban, ihsan yang didalamnya didasarkan pada nilainilai islami dalam melayani yaitu jujur, bertanggung jawab dan terpercaya (amanah), murah hati dan rendah hati, tidak meluapakan akhirat sebagai kunci keberhasilan serta kesuksesan suatu perusahaan dalam memberikan pelayanan. Adapun fokus penelitian dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi pelayanan di RSU Lirboyo Kediri? (2) Bagaimana pelayanan di RSU Lirboyo Kediri ditinjau dari etika bisnis islam? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk memenuhi keabsahan data, maka peneliti menggunakan teknik ketekunan pengamatan, member check, dan triangulasi. Tahap akhir yang dilakukan yaitu analisis data dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) pelayanan yang diberikan oleh pihak RSU Lirboyo Kediri kepada pasien dari segi dimensi pelayanan yaitu kehandalan, daya tangkap, jaminan, empati dan bukti langsung sudah cukup baik namun ada beberapa yang masih perlu diperhatikan yaitu keramahan, kebersihan, dan sarana prasarana. 2) RSU Lirboyo Kediri sudah berusaha menjalankan etika bisnis islam yang berupa jujur, bertanggungjawab dan amanah, tidak menipu, murah hati, tidak melupakan akhirat dan meliputi pelayanan dengan nilai-nilai islami yang didasarkan dengan keyakinan, keimanan, kecerdasan, dan keamanahan sehingga dengan pelayanan islami ini setiap aktivitas pelayanan tidak hanya bersifat duniawi saja namun dikaitkan dengan hal yang bersifat ukhrowi yaitu ibadah, seperti halnya motto RSU Lirboyo Kediri yaitu Layananku Ibadahku.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:00
Last Modified: 04 Apr 2023 04:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8088

Actions (login required)

View Item View Item