Santoso, Wijaya Kurnia (2022) Dampak Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Work Engagement Guru Milenial Di Smp Bina Insan Mandiri Nganjuk. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
Prabab.pdf Download (672kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (138kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (430kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (202kB) |
|
Text
Persetujuan.pdf Download (518kB) |
Abstract
KURNIA SANTOSO, WIJAYA, 2022, Dampak Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Work Engagement Guru Milenial Di SMP Bina Insan Mandiri Nganjuk, Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing : 1. Prof. Dr.Hj. Munifah, M.Pd. 2. Dr. Muhamad Yasin, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Work Engagement, Kepala Sekolah. Kepemimpinan transformasional adalah kemampuan yang dimiliki pemimpin untuk meningkatkan motivasi orang yang dipimpin dan mampu mencipta dampak perubahan yang dramatis dalam individu, grup ataupun organisasi. Dominasi guru milenial yang cenderung mudah bosan memerlukan perhatian terkait dengan work engagement agar tidak mudah terjadi burn out sehingga mengganggu ritme dari proses pendidikan dan belajar mengajar yang berakibat merugikan para siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah, work engagement guru milenial, tantangan dan strategi yang diperlukan untuk meningkatkan work engagement serta dampak kepemimpinan kepala sekolah terhadap work engagement guru milenial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model dari Miles dan Hubberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data dengan menggunakan pengecekan triangulasi data karena dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasilnya adalah gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah lebih dominan gaya kepemimpinan transformasional dengan empat karakteristik, yaitu pengaruh ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan perhatian individual. Gambaran work engagement guru milenial guru SMP Bina Insan Mandiri cukup baik dan munculnya work engagement pada guru, tidak lepas kaitannya dengan bagaimana gaya kepemimpinan seorang kepala sekolah, karena kepala sekolah merupakan penggerak work engagement dalam institusi pendidikan. Tantangan yang muncul dalam menjaga vigor (semangat), dedication, dan absorption (penghayatan) adalah konsistensi penjagaan semangat dan munculnya konflik antar guru ataupun guru dengan kepala sekolah. Strategi yang dilakukan kepala sekolah adalah menumbuhkan harapan, optimisme, pemaknaan tujuan hidup untuk beribadah dan efikasi diri karyawan melalui coaching, counselling, dan upgrading serta monitoring secara konsisten. Gaya kepemimpinan transformasional sebagai salah satu gaya kepemimpinan positif dan dapat diterima guru akan berpengaruh positif terhadap work engagement guru. Selain itu juga faktor kenyamanan dalam lingkungan kerja juga menjadi bagian dalam menjaga work engagement guru milenial SMP Bina Insan Mandiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wijaya Kurnia Santoso |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 07:01 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 07:25 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8072 |
Actions (login required)
View Item |