Peran Komite Sekolah Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di SD Islam Al-Huda Kediri

Putri R, Mita Dwi (2021) Peran Komite Sekolah Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di SD Islam Al-Huda Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92400819013_prabab.pdf

Download (568kB)
[img] Text
92400819013_bab1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
92400819013_bab2.pdf

Download (252kB)
[img] Text
92400819013_bab3.pdf

Download (179kB)
[img] Text
92400819013_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
92400819013_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
92400819013_bab6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
92400819013_daftarpustaka.pdf

Download (218kB)
[img] Text
92400819013_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK MITA DWI PUTRI RAHAYU, 2021, Peran Komite Sekolah Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Huda Kediri, Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag. 2. Dr. Noer Hidayah, M.Si. Kata Kunci: Peran Komite Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah. Pada desentralisasi ini, solusi untuk meningkatkan mutu pendidikan, dapat dilakukan dengan menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Untuk mewujudkan keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melibatkan peran komite sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan peran komite sekolah sebagai badan pertimbangan, badan pendukung, badan pengontrol, dan badan penghubung dalam keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Huda Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, sebagaimana yang dikemukakan oleh Miles dan Hubberman diawali dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) peran komite sekolah sebagai badan pertimbangan dibagi menjadi tiga yaitu sebagai perencanaan sekolah, pelaksanaan program dan pengelolaan SDM. 2) Peran komite sekolah sebagai badan pendukung dibedakan menjadi tiga yaitu dalam pengelolaan sumber daya, pengelolaan sarana dan prasarana, serta pengelolaan anggaran. 3) Peran komite sekolah sebagai badan pengontrol dibedakan menjadi empat yaitu sebagai perencanaan pendidikan, pelaksanaaan program sekolah, transparansi anggaran dan mementau output pendidikan. 4) Peran komite sekolah sebagai badan mediator (penghubung) dibagi menjadi tiga yaitu sebagai peencanaan sekolah, pelaksanaan program, dan pengelolaan SDM.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:26
Last Modified: 28 Mar 2023 03:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8041

Actions (login required)

View Item View Item