Putri R, Mita Dwi (2021) Peran Komite Sekolah Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di SD Islam Al-Huda Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92400819013_prabab.pdf Download (568kB) |
|
Text
92400819013_bab1.pdf Download (246kB) |
|
Text
92400819013_bab2.pdf Download (252kB) |
|
Text
92400819013_bab3.pdf Download (179kB) |
|
Text
92400819013_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
Text
92400819013_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
Text
92400819013_bab6.pdf Download (90kB) |
|
Text
92400819013_daftarpustaka.pdf Download (218kB) |
|
Text
92400819013_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK MITA DWI PUTRI RAHAYU, 2021, Peran Komite Sekolah Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Huda Kediri, Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag. 2. Dr. Noer Hidayah, M.Si. Kata Kunci: Peran Komite Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah. Pada desentralisasi ini, solusi untuk meningkatkan mutu pendidikan, dapat dilakukan dengan menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Untuk mewujudkan keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melibatkan peran komite sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan peran komite sekolah sebagai badan pertimbangan, badan pendukung, badan pengontrol, dan badan penghubung dalam keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Huda Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, sebagaimana yang dikemukakan oleh Miles dan Hubberman diawali dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) peran komite sekolah sebagai badan pertimbangan dibagi menjadi tiga yaitu sebagai perencanaan sekolah, pelaksanaan program dan pengelolaan SDM. 2) Peran komite sekolah sebagai badan pendukung dibedakan menjadi tiga yaitu dalam pengelolaan sumber daya, pengelolaan sarana dan prasarana, serta pengelolaan anggaran. 3) Peran komite sekolah sebagai badan pengontrol dibedakan menjadi empat yaitu sebagai perencanaan pendidikan, pelaksanaaan program sekolah, transparansi anggaran dan mementau output pendidikan. 4) Peran komite sekolah sebagai badan mediator (penghubung) dibagi menjadi tiga yaitu sebagai peencanaan sekolah, pelaksanaan program, dan pengelolaan SDM.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 03:26 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 03:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8041 |
Actions (login required)
View Item |