Manajemen Pengembangan Kurikulum Program Unggulan Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al Qur’an Peserta Didik Di MIN 2 Nganjuk (Studi Program Unggulan Baca Tulis al Qur’an Metode Tilawati)

Sholikhah, Mar'atush (2019) Manajemen Pengembangan Kurikulum Program Unggulan Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al Qur’an Peserta Didik Di MIN 2 Nganjuk (Studi Program Unggulan Baca Tulis al Qur’an Metode Tilawati). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92400216013_prabab.pdf

Download (767kB)
[img] Text
92400216013_bab1.pdf

Download (437kB)
[img] Text
92400216013_bab2.pdf

Download (519kB)
[img] Text
92400216013_bab3.pdf

Download (258kB)
[img] Text
92400216013_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
92400216013_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
92400216013_bab6.pdf

Download (231kB)
[img] Text
92400216013_daftarpustaka.pdf

Download (345kB)
[img] Text
92400216013_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)

Abstract

ABSTRAK Sholikhah, Mar’atush. 20189. Manajemen Pengembangan Kurikulum Program Unggulan Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al Qur’an Peserta Didik Di MIN 2 Nganjuk (Studi Program Unggulan Baca Tulis Al Qur’an Metode Tilawati). Tesis, Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Kediri, Pembimbing I: Prof. Dr. H. Nur Ahid, M. Ag, dan Pembimbing II: Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen, Pengembangan Kurikulum, Program Unggulan, Kualitas Program unggulan merupakan program yang direncanakan guna untuk menjadikan salah satu icon yang dapat dipercaya oleh masyarakat guna tercapainya sebuah tujuan melalui program tersebut. Dalam Pendidikan program unggulan dapat direncanakan dan diwujudkan melalui pengembangan kurikulum. Jika ingin mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan akhir sebuah Pendidikan, maka pelaksanaan pengembangan kurikulum program unggulan yang ditetapkan harus melalui tahapan sebuah manajemen. Kegiatan dari manajemen tersebut ialah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil yang diharapkan dari manajemen pengembangan kurikulum program unggulan ialah meningkatnya kulatias siswa Lembaga Pendidikan tersebut. Dalam hal ini MIN 2 Nganjuk merumuskan pengembangan kurikulum program unggulan yakni baca tulis al Qur’an metode tilawati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pada penerimaan peserta didik baru dengan fokus penelitian, yaitu: 1) Perencanaan pengembangan kurikulum program unggulan baca tulis al Qur’an Metode Tilawati 2) Pengorganisasian dan Pelaksanaan pengembangan kurikulum program unggulan baca tulis al Qur’an Metode Tilawati 3) Evaluasi pengembangan kurikulum program unggulan baca tulis al Qur’an Metode Tilawati 4) Dampak pengembangan kurikulum program unggulan baca tulis al Qur’an Metode Tilawati dalam meningkatkan kualitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu untuk menggambarkan, memaparkan, dan mengungkapkan hasil penelitian mengenai manajemen pengembangan kurikulum program unggulan baca tulis al Qur’an metode tilawati. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan uji keabsahan yakni uji credibility (kepercayaan) dan uji dependability (keseluruhan proses penelitian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan kurikulum program unggulan baca tulis al Qur’an metode tilawati dalam meningkatkan kualitas siswa yakni: 1) perencanaan dengan mengikuti prinsip perencanaan yaitu pengalaman, isu, dan proses keberlanjutan dengan tahap melakukan studi banding sekolah sederajad guna untuk mencari pengalaman pada program unggulan, mengadakan rapat mebuat pedoman pelaksanaan, penetepan anggota yang bertanggung jawab terhadap program. 2) pengorganisasian dengan membentuk struktur tim tilawati sedangkan pelaksanaan program tilawati merupakan pelaksanaan tingkat kelas dengan melalui tahap tes, proses pembelajaran di setiap rombongan belajar, dengan pertemuan seminggu dua kali dengan alokasi 60 menit 3). Evaluasi yang dilakukan dengan evaluasi tingkat guru dan kepala sekolah dengan tahapan dilakukan setiap pertemuan program tilawati, kemudian evaluasi penilaian pada setiap perpindahan materi dan penilaian ketika perpindahan tingkatan pada metode tilawati. Sedangkan evaluasi kepala sekolah dilakukan berkala dengan mengadaka rapat kordinasi pada pihak tim tilawati. 4). Dampak yang dihasilkan dari program tilawati adalah kualitas membaca dan menulis siswa meningkat, kemudian wali murid juga ikut menjadwalkan pembelajaran dengan tujuan untuk menselaraskan bacaan putra putri mereka ketika di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:13
Last Modified: 28 Mar 2023 03:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8036

Actions (login required)

View Item View Item