Implementasi Pembelajaran Dengan Metode Bahsul Masa’il Di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kediri

Ansori, Ida (2021) Implementasi Pembelajaran Dengan Metode Bahsul Masa’il Di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101619038_prabab.pdf

Download (430kB)
[img] Text
92101619038_bab1.pdf

Download (287kB)
[img] Text
92101619038_bab2.pdf

Download (315kB)
[img] Text
92101619038_bab3.pdf

Download (203kB)
[img] Text
92101619038_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
92101619038_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
92101619038_bab6.pdf

Download (156kB)
[img] Text
92101619038_daftarpustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text
92101619038_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK IDA ANSORI, Dosen pembimbing Prof. Dr. H. Nur Ahid M.Ag. dan Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd.: Implementasi Pembelajaran Dengan Metode Bahsul Masa’il Di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kediri, Program Studi Agama Islam, Pascasarjana IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Pondok Pesantren, Metode, Bahsul Masa’il. Pondok Pesantren Darussalam merupakan salah satu pondok pesantren yang melaksanakan kegiatan bahsul masa’il melalui melalui Lembaga Bahsul Masa’il. kegiatan ini merupakan salah satu usaha Pondok Pesantren Darussalam dalam mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan menjelaskan perencanaan pembelajaran dengan metode bahsul masa’il di Pondok Pesantren Darussalam. 2) Mengetahui dan menjelaskan implementasi pembelajaran dengan metode bahsul masa’il di Pondok Pesantren Darussalam. 3) mengetahui dan menjelaskan bagaimana evaluasi dan hasil dari pembelajaran dengan metode bahsul masa’il di Pondok Pesantren Darussalam. Penelitian ini merupakan peneitian kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumnetasi. Analisis data menggunakan interaktiv model meliputi: Reduksi data ( Data Reduction), Penyajian data ( Display data), dan penarikan kesimpulan (Verifikasi) . Untuk metode pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, metode, dan teori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dengan metode bahsul masa’il di Pondok Pesantren Darussalam dapat dilihat dari tujuan pendidikan pondok pesantren dan tujuan dari diadakanya kegiatan bahsul masa’il. Adanya ketetapan dan program bahsul masa’il juga menunjukkan bahwa kegiatan ini betul betul di tata supaya sesuai dengan apa yang diharapkan. Berikut media yang digunakan dan adanya agenda kegiatan baik mingguan, bulanan, maupun tahunan. 2) Implementasi pembelajaran dengan metode bahsul masa’il di Pondok Pesantren Darussalam dapat dilihat dari mulai tahap persiapan seperti pendristribusian as’ilah, penataan sechedul kegiatan dll. Sedangkan tahap pelaksanannya sebagaimana kegiatan bahsul masa’il di pesantren pada umumnya. setelah kegiatan bahsul masa’il selesai, hasil bahsul masa’il harus dibukukan, baik nanti akan didistribusikan atau sebagai arsip. 3) Evaluasi dari pembelajaran dengan metode bahsul masa’il ini menggunakan observasi berdasarkan keaktifan dan kemampuan siswa dalam setiap tahapan dari kegiatan ini. sedangkan hasil dari pembelajaran dengan metode bahsul masa’il, adalah santri lebih tangkap dan cakap dalam menjawab dan memahami permasalahan agama. siswa yang mengikuti kegiatan ini memiliki kemampuan lebih dari pada yang lain terutama dalam segi pendalaman materi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:07
Last Modified: 27 Mar 2023 03:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8019

Actions (login required)

View Item View Item