Integrasi Kurikulum Sekolah Dan Kurikulum Pondok Pesantren (Studi Kasus Di SMA Islam Terpadu Misykat Al-Anwar Jombang)

Alfiana, Alfiana (2020) Integrasi Kurikulum Sekolah Dan Kurikulum Pondok Pesantren (Studi Kasus Di SMA Islam Terpadu Misykat Al-Anwar Jombang). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101418006_prabab.pdf

Download (555kB)
[img] Text
92101418006_bab1.pdf

Download (353kB)
[img] Text
92101418006_bab2.pdf

Download (406kB)
[img] Text
92101418006_bab3.pdf

Download (243kB)
[img] Text
92101418006_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
92101418006_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
92101418006_bab6.pdf

Download (219kB)
[img] Text
92101418006_daftarpustaka.pdf

Download (324kB)
[img] Text
92101418006_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAKSI ALFIANA, Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag dan Dr. H. Anis Humaidi M.Ag,: Integrasi Kurikulum Sekolah dan Kurikulum Pondok Pesantren (Studi Kasus di SMA Islam Terpadu Misykat Al-Anwar Jombang), Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, IAIN Kediri, 2020. Kata Kunci: Integrasi, Kurikulum Sekolah, Kurikulum Pondok Pesantren Salah satu di antara upaya untuk menyatukan dikotomi dua sistem kurikulum pendidikan, pendidikan umum yang diwakili sekolah dan pendidikan Islam yang diwakili pesantren adalah integrasi kurikulum. SMA Islam Terpadu Misykat Al-Anwar Jombang telah mencoba menggabungkan kurikulum sekolah dengan kurikulum Pondok Pesantren. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi kelemahan-kelemahan akibat dari pemisahan mata pelajaran. Adapun bentuk integrasi kurikulum sekolah dan kurikulum pondok pesantren nampak dalam penggabungan mata pelajaran tertentu melalui sains riset dan muatan lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui perencanaan integrasi kurikulum sekolah dan kurikulum pondok pesantren di SMA Islam Terpadu Misykat Al-Anwar Jombang. Kedua, untuk mengetahui pelaksanaan integrasi kurikulum sekolah dan kurikulum pondok pesantren di SMA Islam Terpadu Misykat Al-Anwar Jombang dan Ketiga, untuk mengetahui evaluasi integrasi kurikulum sekolah dan kurikulum pondok pesantren di SMA Islam Terpadu Misykat Al-Anwar Jombang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian di SMA Islam Terpadu Misykat Al-Anwar Jombang ini adalah: 1) perencanaan integrasi kurikulum sekolah dan kurikulum pondok pesantren dilakukan dengan: a) mengintegrasikan tujuan kurikulum dan b) mengintegrasikan pengorganisasian isi kurikulum. 2) Pelaksanaan kurikulum integrasi kurikulum sekolah dan kurikulum pondok pesantren dilakukan dengan: a) mengintegrasikan program pelaksanaan kurikulum dan b) mengintegrasikan supervisi pelaksanan kurikulum. 3) Evaluasi integrasi kurikulum sekolah dan kurikulum pondok pesantren dilakukan dengan mengevaluasi kurikulum secara koordinatif antara sekolah dan pondok pesantren, yang meliputi: a) evaluasi konteks kurikulum, b) evaluasi input kurikulum, c) evaluasi proses kurikulum dan d) evaluasi produk kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 24 Mar 2023 03:22
Last Modified: 24 Mar 2023 03:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8008

Actions (login required)

View Item View Item