Implementasi Metode Demontrasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Sholat Fardlu Pada Siswa Kelas III SDN Kepuh I Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014

Sholihah, Nur Annisatus (2014) Implementasi Metode Demontrasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Sholat Fardlu Pada Siswa Kelas III SDN Kepuh I Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
942403410 prabab.pdf

Download (212kB)
[img] Text
942403410 BAB I skripsi revisi.pdf

Download (155kB)
[img] Text
942403410 BAB II skripsi revisi.pdf

Download (172kB)
[img] Text
942403410 BAB III skripsi revisi.pdf

Download (139kB)
[img] Text
942403410 BAB IV skripsi revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
942403410 BAB V skripsi .pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
942403410 BAB VI skripsi revisi.pdf

Download (49kB)
[img] Text
942403410 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Salah satu masalah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah rendahnya prestasi belajar siswa yaitu hanya 25% siswa yang mendapat nilai mencapai kriteria ketuntasan minimal. Setelah dilakukan pengamatan pada pembelajaran sebelumnya yaitu menggunakan metode ceramah, diketahui bahwa masalahnya ada pada motivasi belajar siswa yang rendah. Padahal untukmencapai prestasi belajar salah satu faktornya adalah motivasi terutama motivasi internal. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan metode demontrasi. Demontrasi adalah memberikan kesempatan peserta didik untuk mempratekkan keterampilan spesifik yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan metode demontrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN Kepuh I Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jenis penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Kepuh I Kecamatan Papar Kabupaten Kediri yang berjumlah 19 siswa. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada siswa digunakan observasi pada proses pembelajaran. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini adalah bahwa prestasi belajar siswa meningkat yang juga berdampak pada hasil belajarnya yaitu pada prasiklus persentase peningkatan prestasi belajar siswa dengan hasil belajar dengan nilai rata-rata 61,25% siswa mencapai KKM atau 5 dari 19 siswa . Pada siklus I pretasi belajar meningkat menjadi 69,75% siswa mencapai KKM atau 8 dari 19 siswa. Kemudian pada siklus II prestasi belajar siswa meningkat menjadi 80,4% siswa yang berhasil mencapai KKM atau 14 dari 19 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode demontrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam melaksanakan sholat fardlu pada kelas III SDN Kepuh I. hal ini karena siswa dapat melaksanakan sholat fardlu dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:52
Last Modified: 21 Mar 2023 02:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7995

Actions (login required)

View Item View Item