Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Husna Loceret Nganjuk

Farida, Nur Lailatul (2014) Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Husna Loceret Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103709 prabab.pdf

Download (269kB)
[img] Text
932103709 BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
932103709 BAB II.pdf

Download (232kB)
[img] Text
932103709 BAB III.pdf

Download (249kB)
[img] Text
932103709 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
932103709 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
932103709 BAB VI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
932103709 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam sangat berperan sekali dalam membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah dengan mengamalkan ajaran agama dalam setiap kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sangat membantu dalam meningkatkan pengetahuan siswa khususnya dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Dengan adanya pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sebagai kegiatan tambahan, maka siswa mempunyai bekal yang cukup untuk membentengi dirinya dari berbagai pengaruh negatif. Dalam hal ini kegiatan ekstrakurikuler keagamaan bertujuan untuk membantu dan meningkatkan pengembangan wawasan anak didik khusus dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Dengan fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan? 2) Bagaimana upaya-upaya yang dilakukan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan keberhasilan PAI ? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan keberhasilan PAI di SMK Al-Husna Loceret Nganjuk? Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini yang digunakan studi kasus. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan faktual dan analisisnya dilakukan melalui 3 jalur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan pengecekan keanggotaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan di SMK Al-Husna Loceret Nganjuk; 1). Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan ini ada berbagai macam kegiatan diantaranya: Majlis Ta’lim, Khataman Al-quran, , hadrah, Rohis, Ziarah Wali. 2) Upaya-upaya yang dilakukan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan keberhasilan PAI di SMK Al-Husna Loceret Nganjuk dilakukan dengan beberapa pembinaan, yaitu pembinaan akhlak dan praktek dalam pelaksanaan ibadah dengan : menyediakan sarana prasarana, memanfaatkan sarana prasarana, meningkatkan motivasi, mengikuti berbagai perlombaan. 3). Faktor Pendukung ekstrakurikuler keagamaan yaitu: mempersiapkan guru/ustadz, tersedia sarana dan prasarana, adanya suport kepala sekolah, tersedia sumber bacaan Islami. Sedangkan faktor penghambat yaitu: kurangnya bakat dan minat siswa khususnya bidang kesenian hadrah, terbentur dengan kurangnya pendamping, ada beberapa siswa yang bolos, fasilitas belum terpenuhi 100%, ada siswa yang tidak bisa membaca Al-quran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:47
Last Modified: 21 Mar 2023 02:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7994

Actions (login required)

View Item View Item