Rohman, Miftakhul (2014) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas XI IPS 3 MAN Kota Blitar Melalui Penerapan Media Adobe Flash Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932104910 prabab.pdf Download (274kB) |
|
Text
932104910 BAB I .pdf Download (118kB) |
|
Text
932104910 BAB II.pdf Download (209kB) |
|
Text
932104910 BAB III.pdf Download (813kB) |
|
Text
932104910 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
|
Text
932104910 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
Text
932104910 BAB VI.pdf Download (73kB) |
|
Text
932104910 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73kB) |
Abstract
Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa, pada kegiatan pembelajaran, guru menyampaikan materi dengan media power point kurang menarik siswa untuk aktif, hal ini terlihat siswa hanya pasif dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan yang demikian membuat siswa kurang termotivasi. Aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran tergolong rendah, hal ini terlihat dari rendahnya partisipasi dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Hasil ulangan harian menunjukkan siswa hanya mencapai rata-rata 61,95 dan hanya ada 13 siswa (54%) dari 24 siswa yang mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fiqih siswa kelas XI IPS 3 MAN Kota Blitar melalui penerapan media Adobe Flash. 2) Mendeskripsikan aktivitas belajar fiqih siswa kelas XI IPS 3 MAN Kota Blitar melalui penerapan media Adobe Flash. 3) Mendeskripsikan hasil belajar fiqih siswa kelas XI IPS 3 MAN Kota Blitar melalui penerapan media Adobe Flash pada kompetensi dasar “Menjelaskan ketentuan hukum waris dalam Islam.” Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 MAN Kota Blitar. Kompetensi dasar “Menjelaskan ketentuan hukum waris dalam Islam.” Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Adobe Flash dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fiqih dengan kompetensi dasar “Menjelaskan ketentuan hukum waris dalam Islam.” Penerapan media Adobe Flash berturut-turut dari siklus I, dan II data rata-rata kelas yang di peroleh adalah 85,45 dengan ketuntasan belajar 83% dan 82,16, dengan ketuntasan belajar 79 %. namun setelah di lakukan siklus III data yang di peroleh rata-rata kelas 85,12 dengan ketuntasan belajar 96% dengan naik sebesar17%.Kenaikan ketuntasan belajar sebesar 17% dibanding siklus I. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 82,16 pada siklus II menjadi 85,12. pada siklus III. Kenaikan rata-rata hasil belajar dari siklus II ke siklus III sebesar 2,96. Aktivitas belajar siswa dalam belajar fiqih meningkat ketika diterapkan media Adobe Flash, pada sikus I,II dan III memperoleh nilai rata-rata 15,00, 31,66 dan 52,08. Berdasarkan hasil penelian dapat disimpulkan bahwa penerapan media Adobe Flash dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fiqih siswa kelas XI IPS 3 MAN Kota Blitar, untuk itu disarankan agar guru menerapkan dan mengembangkan media Adobe Flash dalam pembelajaran fiqih dengan materi Menjelaskan ketentuan hukum waris dalam Islam yang lebih diperdalam.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 02:29 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 02:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7991 |
Actions (login required)
View Item |