Kamilia, Naily (2022) Strategi Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Markaz Talaqqi Sahabat al-Qur’an, Kelurahan Pakunden Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101519008_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
92101519008_bab1.pdf Download (636kB) |
|
Text
92101519008_bab2.pdf Download (756kB) |
|
Text
92101519008_bab3.pdf Download (347kB) |
|
Text
92101519008_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) |
|
Text
92101519008_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
|
Text
92101519008_bab6.pdf Download (318kB) |
|
Text
92101519008_daftarpustaka.pdf Download (412kB) |
|
Text
92101519008_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Naily Kamilia, 2022, Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini di Markaz Talaqqi Sahabat Al-Qur’an, Kelurahan Pakunden Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Pembimbing Prof. H. Fauzan Saleh, M. A, Ph. D dan Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Metode Menghafal al-Qur’an Usaha memperkenalkan al-Qur’an pada anak usia dini melalui program tahfidz Qur’an adalah salah satu cara mengembangkan peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berilmu, berakhlak mulia, mandiri, serta kreatif. Menghafal al-Qur’an sangat erat kaitannya dengan kerja memori otak. Oleh karena itu betapa pentingnya peranan penghafal alQur’an dikalangan umat Islam. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tahfidz al-qur’an bagi anak usia dini di Markaz Talaqqi Sahabat al-Qur’an 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfidz al-Qur’an bagi anak usia dini di Markaz Talaqqi Sahabat al-Qur’an 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran menghafal al-Qur’an di Markaz Talaqqi Sahabat al-Qur’an. Peneliti ini menggunakan penlitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengupulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data melalui beberapaa tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran tahfidz al-Qur’an meliputi motivasi, kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan kegiatan terprogram 2) Pelaksanaan pembelajaran tahfidz al-Qur’an meliputi do’a di awal dan akhir pembelajaran, buku penghubung, reward/panishmen, ujian/setoran, dan metode yang digunakan merupakan metode Tabarak 3) faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tahfidz al-Qur’an meliputi: Faktor pendukung menghafal alQur’an, pentingnya peran orang tua, usia yang ideal/cocok, tempat menghafal yang memadahi. Faktor Penghambat dalam Menghafal al-Qur’an, kurangnya motivasi dan dukungan dari orang tua, peserta didik merasa bosan, peserta didik tidak rutin mengulang hafalan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Naily Kamilia |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 06:45 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 06:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7984 |
Actions (login required)
View Item |