Hidayati, Erna Nur (2020) Metode Pembinaan Akhlak Siswa Di MTs Miftahul Afkar Dusun Selotopeng Desa Banyakan Kab Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933600714_prabab.pdf Download (456kB) |
|
Text
933600714_bab1.pdf Download (506kB) |
|
Text
933600714_bab2.pdf Download (550kB) |
|
Text
933600714_bab3.pdf Download (187kB) |
|
Text
933600714_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
|
Text
933600714_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
|
Text
933600714_bab6.pdf Download (406kB) |
|
Text
933600714_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
933600714_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
Abstract
ABSTRAK ERNA NUR HIDAYATI, Dosen Pembimbing Dr. Robingatun, M.Pd.I. dan Hasan Basri, M.Ag. :Metode Pembinaan Akhlak Siswa Di MTs Miftahul Afkar Dusun Selotopeng Desa Banyakan Kab Kediri. Kata Kunci: Metode Pembinaa, Akhlak. Metode pembinaan adalah suatu cara atau model yang dilakukan untuk mengarahkan siswa agar memiliki akhlak yang baik atau yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan diadakannya metode pembinaan ini, para siswa/siswi mampu mengikuti cara yang diajarkan oleh setiap guru. Selain itu siswa/siswi dapat menerapkan ajaran akhlak yang telah dipelajari disekolah kemudian diterapkan dirumah. Adapun pembinaan-pembinaan akhlak yang ada di MTs Miftahul Afkar : 1. Metode Pembelajaran, 2. Membaca Al-Qur’an, 3. Shalat Dhuha, 4. Mengkaji kitab Ta’lim Muta’allim, 5. Bimbingan koseling. Untuk dapat menerapkan metode pembinaan tersebut, para pengajar menggunakan cara lain juga, seperti: Metode Keteladanan, Metode Pembiasaan, Metode memberi Nasihat, dan Metode Persuasi. Penelitian yang yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif deskriptif. Dimana metode ini muncul karena terjadi perubahan paradigma dalam memandang suatu realitis, fenomena atau gejala. Pada pendekatan kualitatif , peneliti merupakan instrumen utama dalam pengumpulan data. Disini peneliti mencoba meneliti metode-metode pembinaan akhlak yang dilakukan di MTs Miftahul Afkar dusun Selotopeng desa Banyakan kab Kediri. Informan dari penelitian sebanyak 8 orang, peneliti menggunakan teori. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yang diperoleh dari siswa/siswi dan pengajar, dan data sekunder dari dokumen-dokumen resmi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi, kemudian dianalisis dan dicek keabsahan datanya. Tahap pralapangan, pekerjaan lapangan, analisis data serta penulisan laporan merupakan tahap-tahap penelitian yang digunakan peneliti. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Metode pembinaan akhlak mampu digunakan untuk membentuk akhlakul karimah para siswa/siswi. 2) Metode pembelajaran, membaca Al-Qur’an, mengkaji kitab Ta’lim Muta’allim, shalat dhuha dan bimbingan konseling digunakan sebagai cara untuk mendidik akhlak para siswa/siswi di MTs Miftahul Afkar dusun Selotopeng desa Banyakan kab Kediri. 3) Akhlak merupakan bagian terpenting dalam diri manusia, sebab akhlaklah yang menentukan baik buruknya seseorang.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030202 Sufism (Tasawuf) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 02:46 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 02:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7969 |
Actions (login required)
View Item |