Ula, Afinda Nurul (2021) Pengaruh Pola Komunikasi Tutor Terhadap Ketahanan Sosial Anak Jalanan Di Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933506716_prabab.pdf Download (964kB) |
|
Text
933506716_bab1.pdf Download (255kB) |
|
Text
933506716_bab2.pdf Download (240kB) |
|
Text
933506716_bab3.pdf Download (114kB) |
|
Text
933506716_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
Text
933506716_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
Text
933506716_bab6.pdf Download (25kB) |
|
Text
933506716_daftarpustaka.pdf Download (99kB) |
|
Text
933506716_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Afinda Nurul Ula, 2021. Pengaruh Pola Komunikasi Tutor Terhadap Ketahanan Sosial Anak Jalanan di Kota Kediri. Dosen Pembimbing Dr. Ropingi, S.Ag, M.Pd. dan Maufur, MA. Kata Kunci: Pola Komunikasi, Ketahanan Sosial, Anak Jalanan. Kelompok Belajar Suket Teki merupakan Kelompok Belajar yang memberikan pendidikan gratis bagi anak jalanan dan anak putus sekolah lainnya yang bergerak dibidang pendidikan dan pembinaan. Pembinaan yang diberikan oleh tutor kepada anak didik di Kelompok Belajar ini bertujuan untuk membantu memulihkan psikis anak jalanan, memberikan pendidikan serta keterampilan lainnya supaya mereka tidak kembali lagi ke jalanan. Untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan penggunaan pola komunikasi yang tepat oleh tutor dalam memberikan pembinaan terhadap anak jalanan yang juga akan berpengaruh terhadap ketahanan sosial anak-anak jalanan tersebut. Untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan oleh tutor dan seberapa berpengaruhnya terhadap ketahanan sosial anak-anak jalanan di Kota Kediri, maka penulis memaparkan dengan fokus bagaimana pola komunikasi yang digunakan oleh tutor dan bagaimana pola komunikasi tersebut berpengaruh terhadap ketahanan sosial anakanak jalanan di Kota Kediri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pola komunikasi Joseph A. Devito dalam buku “Komunikasi Antarmanusia” yang menyatakan bahwa ada lima jenis pola komunikasi yaitu pola struktur roda, pola struktur rantai, pola struktur lingkaran, pola struktur y dan pola struktur bintang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis yaitu menggambarkan sesuai dengan fenomena yang ada, dengan menggunakan pengamatan langsung atau observasi yang dilanjutkan dengan wawancara kepada narasumber dan pengumpulan dokumentasi untuk memperkuat hasil penelitian. Hasil yang diperoleh penulis dalam penelitian ini adalah bahwa tutor Kelompok Belajar Suket Teki menggunakan 3 jenis pola komunikasi yaitu pola komunikasi lingkaran, pola komunikasi roda dan pola komunikasi bintang. Ketiga pola komunikasi tersebut dianggap efektif untuk membina anak-anak jalanan di Kota Kediri. Hal ini dibuktikan bahwa anak jalanan yang tercatat menjadi siswa Kelompok Belajar Suket Teki sebagian besar telah meninggalkan aktivitas mereka di jalanan, mereka sudah kembali ke rumah dan mulai bekerja di beberapa sektor industri di Kota Kediri. Terbukti bahwa pola komunikasi yang digunakan untuk membina berpengaruh terhadap ketahanan sosial anak jalanan di Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 02:31 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 02:31 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7966 |
Actions (login required)
View Item |