Alqibro, Hamdiyah Chofifah (2022) Desain Lintasan Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Konteks Jajanan Wingko Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932309518_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932309518_bab1.pdf Download (993kB) |
|
Text
932309518_bab2.pdf Download (1MB) |
|
Text
932309518_bab3.pdf Download (1MB) |
|
Text
932309518_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932309518_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (982kB) |
|
Text
932309518_bab6.pdf Download (1MB) |
|
Text
932309518_daftarpustaka.pdf Download (851kB) |
|
Text
932309518_suratpernyataan.pdf Download (347kB) |
Abstract
Bangun ruang sisi datar seperti kubus dan balok merupakan materi yang penting untuk dikuasai siswa. Namun ternyata materi tersebut masih sulit untuk dipahami siswa. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan lintasan belajar yang dapat membantu siswa dalam memahami materi bangun ruang sisi datar yang terfokus pada volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar. Lintasan belajar yang dihasilkan didesain berdasarkan pendekatan PMRI dengan menggunakan konteks jajanan wingko babat. Metode penelitian yang digunakan adalah design research yang terdiri dari tahap preparing for the experiment, teaching experiment, dan retrospective analysis. Terdapat 28 siswa kelas VIII D dan seorang guru dari SMP Negeri 2 Mantup yang terlibat dalam penelitian ini. Instrumen yang dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan lembar post-test, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan catatan lapangan, dokumentasi, serta post-test. Data yang diperoleh dalam tahap preparing for the experiment dan teaching experiment dianalisis secara deskriptif yang kemudian digunakan dalam analisis retrospektif. Hasil dari penelitian ini adalah dua lintasan belajar pada pembelajaran volume dan luas permukaan kubus dan balok. Pada pembelajaran volume kubus dan balok diperoleh lintasan belajar dengan 4 aktivitas didalamnya yaitu membuat box kemasan, mengemas wingko kedalam box kemasan, mengamati box kemasan, dan menemukan ukuran kemasan. Pada pembelajaran luas permukaan kubus dan balok diperoleh lintasan belajar dengan 4 aktivitas yaitu membongkar box kemasan, mengamati jaring-jaring atau bangun datar penyusun kemasan, menghitung luas bangun datar penyusun kubus dan balok, dan menemukan rumus luas permukaan kubus dan balok. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan konteks wingko babat dapat membantu siswa dalam pembelajaran materi bangun ruang sisi datar
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Hamdiyah Chofifah Alqibro |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 04:02 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 02:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7934 |
Actions (login required)
View Item |