Noviliya, Noviliya (2021) Manajemen Kurikulum Homeschooling Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Di Homeschooling Pena Surabaya). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932405717_prabab.pdf Download (546kB) |
|
Text
932405717_bab1.pdf Download (191kB) |
|
Text
932405717_bab2.pdf Download (277kB) |
|
Text
932405717_bab3.pdf Download (210kB) |
|
Text
932405717_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
|
Text
932405717_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
|
Text
932405717_bab6.pdf Download (98kB) |
|
Text
932405717_daftartpustaka.pdf Download (232kB) |
|
Text
932405717_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK NOVILIYA: 932405717, Manajemen Kurikulum Homeschooling Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Homeschooling Pena Surabaya), Dosen Pembimbing I, Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I. Pembimbing II, Nila Lukmatus Syahidah, M.Pd.I. : Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata kunci: Manajemen, Kurikulum, Homeschooling, Mutu Pendidikan Penelitian ini membahas tentang manajemen kurikulum homeschooling dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Perencanaan kurikulum homeschooling Pena, 2). Pengorganisasian kurikulum homeschooling Pena, 3). Implementasi kurikulum homeschooling Pena, 4). Evaluasi kurikulum homeschooling Pena, dan 5). Mutu pendidikan homeschooling Pena. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui 1). Observasi, 2). Wawancara, dan 3). Studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah manajer homeschooling, kabag akademik, dan tutor. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum homeschooling Pena meliputi empat aspek, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, implementasi, dan evaluasi. Adapun perencanaan kurikulum homeschooling dimulai dari: (1) mempersiapkan kebutuhan peserta didik, (2) treatment kepada tutor, (3) peraturan dari Diknas terkait kurikulum pendidikan non formal, (4) integrasi lembaga dengan masyarakat. Pengorganisasian kurikulum homeschooling dilakukan dengan pembagian tugas hasil dari perencanaan kurikulum, yang mana didalamnya berisi tujuan pembelajaran, isi/bahan pembelajaran, cara penyampaian pembelajaran (strategi), dan evaluasi. Implementasi kurikulum homeschooling dilakukan berdasarkan pada kemampuan, bakat, dan minat peserta didik. Evaluasi yang dilakukan di homeschooling berupa evaluasi menyeluruh, tidak hanya terfokuskan pada kurikulum tetapi juga perkembangan peserta didik dan kinerja pendidik. Sedangkan berdasarkan mutu pendidikan yang diterapkan di homeschooling Pena mengindikasikan mutu pendidikan termasuk kedalam kategori baik terlihat dari output (prestasi/lulusan) yang dihasilkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 03:12 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 03:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7914 |
Actions (login required)
View Item |