Ari, Agustin (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay Media Studio Untuk Meningkatkan Minat Belajar Statistika Siswa SMP Islam Kepung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932300717_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932300717_bab1.pdf Download (401kB) |
|
Text
932300717_bab2.pdf Download (734kB) |
|
Text
932300717_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
Text
932300717_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
932300717_bab5.pdf Download (307kB) |
|
Text
932300717_daftarpustaka.pdf Download (375kB) |
|
Text
932300717_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK ARI AGUSTINA, Dosen Pembimbing Ninik Zuroidah,M.Si. dan Nur Fadilatul Ilmiyah, M.Si: Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay Media Studio Meningkatkan Minat Belajar Statistika Siswa SMP Islam KepungSiswa.Tarbiyah,Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri,2021 Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Autoplay Media Studio, Minat Belajar, ADDIE Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Islam Kepung tergolong masih konvensional, terlebih ada mata pelajaran matematika. Hal tersebut membuat minat belajar siswa terhadap mata pelajaran ini menjadi rendah. Pelajaran ini dirasa membosankan sehingga banyak siswa yang tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar. Siswa memilih tidur dikelas atau bicara sendiri dengan teman sebangku dari pada mendengarkan guru mengajar, hal tersebut membuat kegiatan belajar tidak berlangsung secara optimal. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti mengembangkan media pembelajaran menggunakan autoplay media studio dengan tujuan meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika materi statistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan Reserch and Development (R&D) model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design,development, implmentation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Kepung yang berjumlah 35 siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media pembelajaran ini menujukkan bahwa media pembelajaran menggunakan autoplay media studio telah memenuhi syarat dan dianggap layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut di lihat darai hasil validasi oleh media di peroleh 45 dan 46. Sedangkan hasil validasi ahli meteri memperoleh43 dan 40. Kemudian hasil validasi ahli kepraktisan 42 berdasarkan kepraktisan media. Berdasarkan validasi angket minat belajar siswa sebesar 26. Berdasarkan ahli media, media pembelajaran ini tergolong dalam kategori sangat baik sedangkan menurut ahli materi tergolong dalam baik dan menurut ahli kepraktisan tergolong dalam baik kemudian menurut hasil validasi angket minat belajar siswa kategori dalam sangat baik. Hasil penggunaan media pembelajaran menggunakan autoplay media studio ini terbukti dapat meningkatkan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 03:20 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 03:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7902 |
Actions (login required)
View Item |