Tias, Fitri Rahayu Ning (2022) Pengaruh Mata Pelajaran PAI Dan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Mahrusiyah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933134115_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
933134115_bab1.pdf Download (246kB) |
|
Text
933134115_bab2.pdf Download (341kB) |
|
Text
933134115_bab3.pdf Download (169kB) |
|
Text
933134115_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
Text
933134115_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
Text
933134115_bab6.pdf Download (35kB) |
|
Text
933134115_daftar_pustaka.pdf Download (94kB) |
Abstract
ABSTRAK FITRI RAHAYU NING TIAS, 2022. PENGARUH MATA PELAJARAN PAI DAN EKSTRA KULIKULER KEROHANIAN ISLAM TERHADAP ENTUKAN AKHLAK SISWA SMP AL-MAHRUSIYAH KOTA IRI, Dosen Pembimbing Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Ekstra Kulikuler Kerohanian Islam, Pembentukan Akhlak Siswa Pendidikan Agama Islam memiliki peranan yang penting dalam pembentukan sikap dan kepribadian siswa, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Pendidikan Agama Islam menekankan kepada pembentukan kepribadian siswa yang Islami, menanamkan pemahaman dan membimi agar memiliki kepribadian yang jujur, disiplin, berakhlakul karimah, serta bermanfaat bagi sesama. Secara umum, jika pemahaman siswa tentang Pendidikan Agama Islam tinggi, maka akhlak, sikap dan perilakunya dapat dikategorikan baik, begitu pun sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh pendidikan Agama Islam dan ekstra kulikuler kerohanian Islam terhadap pembentukan akhlak siswa SMP Al-Mahrusiyah Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian experimen semu (kuantitatif) menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Al-Mahrusiyah Kota Kediri berjumlah 960 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 90 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier bergan Hasil penelitian menunjukkan pengaruh Pendi 8: ii lam terhadap pembentukan akhlak siswa di SMP Al. Mahrusiyah Kota Kediri dilihat dari hasi perhitungan Uji t dalam penelitian ini “Tabel uji signifikasi, digunakan untuk menentukan taraf signifikasi dari regres Kriteria dapat ditentukan berdasarkan uji nilai signifikasi (Sig), dengan ketentuan ilai Sig « 0,05. Berdasarkan tabel diatas, diperoleh nilai Sig. ” .000, berarti ig.£ dari kriteria signifikan (08). Dengan demikian model persamaan regresi berganda berdasarkan data penelitian adalah signifikan, atau terdapat pegaruh yang signifikan antara Pendidikan Agama Islam dan ekstra kulikuler kerohanian Islam terhadap pembentukan akhlak siswa di SMP Al-Mahrusiyah Kota Kediri (00.05).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fitri Rahayu Ning Tias |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 02:44 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 02:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7900 |
Actions (login required)
View Item |