Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Tingkat Kenakalan Remaja di SMP Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri

Sari, Sintya Ratika (2014) Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Tingkat Kenakalan Remaja di SMP Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933400910 prabab.pdf

Download (301kB)
[img] Text
933400910 BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
933400910 BAB II.pdf

Download (193kB)
[img] Text
933400910 BAB III.pdf

Download (265kB)
[img] Text
933400910 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
933400910 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
933400910 BAB VI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
933400910 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh pola asuh permisif terhadap tingkat kenakalan remaja di SMP Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri. Pola asuh permisif adalah orang tua yang membiarkan anak berbuat sesuka hati, dengan sedikit kekangan dan menciptakan rumah tangga yang berpusat pada anak. Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan yang bertentangan dengan norma-norma yang ada dalam masyarakat tempat dimana dia tinggal atau dapat dikatakan suatu perbuatan yang anti sosial dimana didalamnya terkandung unsur-unsur normatif. Pengaruh pola asuh permisif terhadap tingkat kenakalan remaja yaitu seorang anak sangat membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya, jika orang tuanya mengabaikan anak-anak mereka maka anak-anak ini cenderung tidak memiliki kemampuan sosial yang baik, memiliki pengendelian diri yang buruk dan tidak mandiri. Sehingga mengakibatkan mereka menjadi remaja nakal. Berdasarkan uraian diatas, maka tujuan penelitian yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh permisif terhadap tingkat kenakalan remaja di SMP Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kuantitatif assosiatif hubungan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 150 siswa SMP Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri dan sampel 105 siswa SMP Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri dengan menggunakan teknik sampling: purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang diberikan kepada subjek penelitian. Dalam penelitian ini ada 2 jenis angket: 1) angket tentang pola asuh permisif, disusun berdasarkan teori Elizabeth B. Hurlock. 2) angket kenakalan remaja, disusun berdasarkan teori Jhon W. Santrock. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regression linier diolah dengan menggunakan bantuan software spss 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pola asuh permisif siswa SMP Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri termasuk pada kategori sedang (31,0428). 2) tingkat kenakalan remaja siswa SMP Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri termasuk pada kategori rendah (37,142). 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh permisif terhadap tingkat kenakalan remaja sebesar 0,373 dalam kategori rendah. Hal ini berarti semakin tinggi pola asuh permisif maka semakin tinggi kenakalan remaja siswa. Sumbangan variabel pola asuh permisif terhadap variabel kenakalan remaja sebesar 13,9% sedangkan 86,1% dipengaruhi faktor lain diluar pola asuh permisif. Berdasarkan analisis perhitungan tersebut maka, hipotesis penelitian ini adalah Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:56
Last Modified: 09 Mar 2023 01:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7897

Actions (login required)

View Item View Item