Kurikulum 2013 Dalam Perspektif Pendidikan Humanisme Paulo Freire

Muzakky, Habib (2021) Kurikulum 2013 Dalam Perspektif Pendidikan Humanisme Paulo Freire. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932141615_prabab.pdf

Download (346kB)
[img] Text
932141615_bab1.pdf

Download (453kB)
[img] Text
932141615_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
932141615_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
932141615_bab4.pdf

Download (73kB)
[img] Text
932141615_daftarpustaka.pdf

Download (139kB)
[img] Text
932141615_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)

Abstract

ABSTRAK HABIB MUZAKKY, Dosen Pembimbing Dr. Hj. Munifah M.Pd.dan Choiru Umatin M.Pd., Analisis “Kurikulum 2013 Dalam Perspektif Pendidikan Humanisme Paulo Freire. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Pendidikan Humanis, Kurikulum 2013 Tingkat pergeseran moral akhir-akhir ini terlihat mengalami kenaikan. Dari tingkat banyaknya kekerasan fisik maupun non fisik di lingkungan pendidikan hingga budaya korup yang masih tinggi. Dalam hal ini langkah yang tepat untuk membenahi permasalahan moral tersebut adalah melalui jalan pendidikan. Kurikulum 2013 yang merupakan penerus dari kurikulum KTSP merupakan kurikulum yang berfokus pada pembentukan sikap peserta didik yang ditujukan agar peserta didik dapat adaptif di masa depan dengan membentuk kompetensi dan karakternya guna menjadi beriman dan bermanfaat bagi negara dan dunia. Di sisi lain, konsep pendidikan humanisme Paulo Freire telah menunjukkan perubahan yang signifikan dalam mengatasi masalah-masalah yang serupa. Pendidikan yang diterapkan di Brazil ini berhasil mendapat pengakuan oleh UNESCO. Peneliti melihat hal ini sebagai salah satu titik tolak yang tepat untuk melihat Kurikulum 2013 dalam perspektif Pendidikan Humanisme Paulo Freire. Tujuan penelitian ini adalah untuk; a) mengetahui konsep pendidikan humanisme Paulo Frire, serta b) mengetahui kurikulum 2013 dalam perspektif pendidikan humanisme Paulo Freire. Penelitian dilakukan dengan model penelitian kualitatif deskriptif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Metode pengumpulan data adalah metode dokumenter, yaitu mencari atau mengumpulkan data mengenai variabel-variabel penelitian berupa bukubuku karangan Paulo Freire. Kemudian untuk analisis data, penelitian ini menggunakan analisis isi (Content Analisis), yakni suatu teknik penelitian untuk menguraikan isi komunikasi yang jelas secara objektif dan sistematis. Dari hasil penelitian ini, kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut; a) pemikiran pendidikan menurut Paulo Freire sangat menekankan aspek kemanusiaan dalam prinsip maupun proses pendidikannya. Dialog, interaksi antara guru dan murid menjadi hal yang fundamental dalam konsepnya dengan tujuan meningkatkan kesadaran kaum tertindas menuju tahap kesadaran kritis; b) Kurikulum 2013 dalam perspektif pendidikan humanisme Paulo Freire mempunyai garis besar bahwasanya pendidikan humanisme Paulo Freire bersifat Universal dan kurikulum 2013 terdapat ciri khas dari negara Indonesia. Kurikulum 2013 mempunyai konsep religius yang mana hal ini merupakan nilai lebih di mana pendidikan humanisme lebih condong ke perkembangan kesadaran individu yang bersifat universal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:22
Last Modified: 06 Mar 2023 04:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7859

Actions (login required)

View Item View Item