Balighoh, Nilna Hikmatun (2022) Kepemimpinan Profetik Kyai Imam Badroni Burhan Di Yayasan Pondok Pesantren Miftahus Shibyan Plosoklaten Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
20504011_prabab.pdf Download (437kB) |
|
Text
20504011_BAB I.pdf Download (163kB) |
|
Text
20504011_BAB II.pdf Download (298kB) |
|
Text
20504011_BAB III.pdf Download (159kB) |
|
Text
20504011_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
|
Text
20504011_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
|
Text
20504011_BAB VI.pdf Download (159kB) |
|
Text
20504011_daftarpustaka.pdf Download (399kB) |
|
Text
20504011_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20504011_suratpernyataan.pdf Download (126kB) |
Abstract
Kepemimpinan di era saat ini minim dalam penguatan karakter. Banyak pemimpin yang pintar dalam memimpin suatu lembaga pendidikan dengan strategi yang bagus namun minim dalam memberi keteladan sifat sehingga hasilnya kurang efektif. Maka dari itu penting halnya untuk dilakukan internalisasi nilai-nilai kepempinanan dengan standart profetik agar dapat memperbaiki permasalahan-permasalahan kepemimpinan di era sekarang terutama di lembaga-lembaga pendidikan Islam. Kepemimpinan profetik mengajarkan para pemimpin untuk mengimplementasikan nilai-nilai keteladanan yang sudah di contohkan oleh para nabi dalam proses kepemimpinannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan profetik Kyai Imam Badroni Burhan di yayasan pondok pesantren Miftahus Shibyan Plosklaten Kediri yang meliputi: 1) Kontribusi idealized influence, 2) Kontribusi inspirational motivasional, 3) Kontribusi intellectual stimulation, 4) Kontribusi individual consideration, 5) Kontribusi individual spiritual greatness Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dilaksanakan di yayasan Miftahus Shibyan Plosoklaten Kediri pada bulan Mei 2022 – Agustus 2022. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model dari Miles dan Hubberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data dengan menggunakan pengecekan triangulasi data karena dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi kepemimpinan profetik Kyai Imam Badroni Burhan di yayasan pondok pesantren Miftahus Shibyan Plosoklaten Kediri sebagai berikut : 1) Kontribusi idealized influence Kyai Imam Badroni Burhan adalah mengajak anggota untuk menimplementasi visi misi secara tepat dan membentuk sifat profetik yaitu amanah, 2) Kontribusi inspirational motivasional Kyai Imam Badroni Burhan adalah beliau adalah seorang pemimpin yang menjadi uswwatun hasanah bagi anggotanya sebagi bentuk role mode bagi anggota dan membentuk sifat profetik yaitu shiddiq, 3) Kontribusi intellectual stimulation Kyai Imam Badroni Burhan adalah seorang pemimpin yang berilmu dan dapat menyelesaikan masalah dengan solusi dari beliau dan membentuk sifat profetik yaitu fathanah, 4) Kontribusi individual consideration Kyai Imam Badroni Burhan adalah memperhatikan dan mengupayakan profesionalitas anggota dan membentuk sifat profetik yaitu tabligh, 5) Kontribusi individual spiritual greatness Kyai Imam Badroni Burhan adalah pemimpin yang melakukan segala sesuatu dengan niat hanya ingin mendapat ridho Allah SWT dan menanamkan nilai ikhlas pada diri beliau dan anggotanya dan membentuk sifat profetik yaitu hablumminallah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nilna Hikmatun Balighoh |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 02:26 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 02:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7827 |
Actions (login required)
View Item |