Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Di MA Mambaul Hisan Kelas X Mipa Dan Dampaknya Terhadap Pendidikan Agama Islam

Rofiqoh, Banatur (2021) Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Di MA Mambaul Hisan Kelas X Mipa Dan Dampaknya Terhadap Pendidikan Agama Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932123916_prabab.pdf

Download (830kB)
[img] Text
932123916_bab1.pdf

Download (225kB)
[img] Text
932123916_bab2.pdf

Download (259kB)
[img] Text
932123916_bab3.pdf

Download (174kB)
[img] Text
932123916_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
932123916_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
932123916_bab6.pdf

Download (135kB)
[img] Text
932123916_daftarpustaka.pdf

Download (132kB)
[img] Text
932123916_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK BANATUR ROFIQOH, Dosen pembimbing: (1) DR. IWAN MARWAN, M.HUM dan (2) M. BIK MUHTARUDDIN, M.TH. I. 2021. Implementasi Metode Talaqqi dalam Menghafal Al-Qur’an pada Siswa di MA Mambaul Hisan Kelas X MIPA dan Dampaknya Terhadap Pendidikan Agama Islam, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Kata Kunci:Metode Talaqqi, Menghafal Al-Qur’an dan Pendidikan Agama Islam Al-Qur’an merupakan kitabullah yang hampir di dalam penuh dengan perintah dan ajuran. Yang kesemuanya itu merupakan arah dan penuntun bagi kehidupan manusia yang haus dengan kebahagian di dunia dan di akhirat kelak. Dalam dunia pendidikan Al-Qur’an merupakan kitab yang menjadi panutan dalam pembentukan aqidah, akhlak dan moral juga etika dalam bermasyarakat. Sehingga Al-Qur’an dan dunia pendidikan tidak dapat dipisahkan. Jika pendidikan akan memunculkan banyak pengetahuan, maka yang mengarahkan pengetahuan itu adalah Al-Qur’an. Dengan demikian menghafal Al-Qur’an bagi seorang pelajar adalah hal yang mutlak dan seharusnya dilakukan. Sebagai upaya dalam menunjang keilmuan yang telah diperolehnya. Salah satu metode belajar AlQur’an adalah dengan metode talaqqi. Metode talaqqi adalah metode yang mengharuskan guru dan siswa bertatap muka, serta menyetorkan hafalannya. Sehingga penelitan ini akan berfokus pada: 1) Bagaimana implementasi metode talaqqi dalam proses menghafal Al-Qur’an siswa di MA Mambaul Hisan. 2) Apa saja dampak metode talaqqi dalam menghafal Qur’an terhadap pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik pengecekkan keabsahan data dalam penelitian guna menjaga keobjektifan, keakuratan, ketekunan, dan kepastian. Pengecekkan data diperoleh dari hasil berbagai sumber, teknik, dan waktu (trianggulasi data). Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan 1) Implementasi metode talaqqi di MA Mambaul Hisan pada siswa kelas X MIPA adalah dengan terbukti efektifnya metode tersebut. Dalam implementasi metode talaqqi tersebut terdapat tiga poin penting yaitu tahap perencanaan yakni madrasah menentukan guru, waktu dan metode yang cocok digunakan. Dalam tahap pelaksanaan ada pembimbingan, pengulangan dan penyetoran. Dan dalam tahap evaluasi, dilakukan dalam satu semester, yang diwajibkan siswa mengulang hafalannya sebanyak 5 juz sesuia target. 2) Dampak metode talaqqi terhadap kelangsungan menghafal al-Qur’an siswa MA Mambaul Hisan. Secara umum dapat dikelompokan menjadi tiga bagian yaitu dampak yang bersifat kognitif, afektif dan psikomotorik. Kognitif adalah kemampuan membaca mereka. Afektif kemampuan menghafalkan dan psikomotor kemampuan menulis Al-Qur’an. Yang merupakan kemampuan yang terbentuk dari implementasi metode talaqqi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 01 Mar 2023 07:45
Last Modified: 01 Mar 2023 07:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7823

Actions (login required)

View Item View Item