Wulan, Inggit Puspito (2021) Love Yourself Perspektif EAQ Dalam Tinjauan Pendidikan Islam Di Era 4.0. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932123517_prabab.pdf Download (777kB) |
|
Text
932123517_bab1.pdf Download (274kB) |
|
Text
932123517_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
Text
932123517_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
Text
932123517_bab4.pdf Download (69kB) |
|
Text
932123517_daftarpustaka.pdf Download (168kB) |
|
Text
932123517_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
Abstract
ABSTRAK Inggit Puspito Wulan, 2021. LOVE YOURSELF PERSPEKTIF ESQ DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA 4.0, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Muhamad Yasin, M.Pd dan Pembimbing (2) M. Nabil Khasbulloh, M.Pd.I Kata Kunci : Love Yourself, ESQ, Pendidikan Islam 4.0 Kata love yourself menjadi topik yang sangat hangat diperbincangkan beberapa tahun ini. Anugerah akal yang diberikan oleh Allah SWT merupakan salah satu keistimewaan yang ada pada diri manusia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri yang berujung pada mencintai diri sendiri. Dalam dunia pendidikan konsep cinta diri ini dapat diselaraskan dengan emotional spiritual quotient yang mana setiap peserta didik memiliki potensi yang unik, dengan harapan menjadikan manusia sebagai individu yang utuh dalam berbagai aspek, diantaranya secara aspek intelektual, emosi dan spiritual mampu mengenali dirinya lebih dari siapapun. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan permasalahan : (1)Bagaimana konsep love yourself dalam perspektif ESQ (Emotional Spititual Quotient).;(2)Bagaimana relevansi love yourself persepktif ESQ dalam tinjauan pendidikan Islam di era 4.0. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa, Pertama,konsep love yourself dalam perspektif ESQ menjelaskan emosi yang terjadi pada diri manusia terdapat dua jenis, yaitu emosi negatif dan emosi positif. Perubahan kondisi mental seseorang dapat berubah, faktor penyebabnya pun beragam. Imam al-Ghazali adalah salah satu ilmuwan yang dapat dikatakan cukup berhasil dalam perubahan mental menggunakan konsep tazkiyah al-nafs. Kedua,love yourself tinjauan pendidikan Islam di era 4.0 adalah pendidikan merupakan bantuan yang diberikan pendidik kepada peserta didik menuju proses pendewasaan. Manusia pada dasarnya memiliki dorongan spiritual akan memandu seorang manusia menuju takwa, yang dapat dibangun melalui beberapa perilaku yang dapat diterapkan dalam perilaku sehari-hari melalui pendidikan Islam melalui pembiasaan yang dapat dilakukan oleh seorang pendidik di lingkugan sekolah agar menjadi seorang Muslim yang patuh dan taat kepada Allah SWT.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 07:43 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 07:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7822 |
Actions (login required)
View Item |