Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Quantum Learning Pada Peserta Didik Kelas VII-A MTs Darul Ulum Gondang Nganjuk

Lestari, Duwi Ayu (2021) Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Quantum Learning Pada Peserta Didik Kelas VII-A MTs Darul Ulum Gondang Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932123117_prabab.pdf

Download (240kB)
[img] Text
932123117_bab1.pdf

Download (74kB)
[img] Text
932123117_bab2.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932123117_bab3.pdf

Download (86kB)
[img] Text
932123117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text
932123117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
932123117_bab6.pdf

Download (14kB)
[img] Text
932123117_daftarpustaka.pdf

Download (127kB)
[img] Text
932123117_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Duwi Ayu Lestari, Dosen Pembimbing Saifullah, M.Ag dan Dewi Agus Triani, M. Pd.I., Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Quantum Learning Pada Peserta Didik Kelas VII-A MTs Darul Ulum Gondang Nganjuk, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, quantum learning. Pembelajaran Akidah akhlak merupakan penanaman karakter pada peserta didik. Sedangkan model quantum learning merupakan model yang dapat mempertajam daya ingat pada peserta didik. Dengan menggunakan model ini diharapkan mata pelajaran akidah akhlak tidak hanya sebagai bahan materi saja tetapi juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, pembelajaran akidah akhlak berbasis quantum learning pada Peserta didik kelas VII-A di MTs Darul Ulum Gondang Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, Metode ini dipilih dengan tujuan untuk dapat lebih menggambarkan mengenai Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Quantum Learning pada Peserta Didik kelas VII-A di MTs Darul Ulum Gondang Kabupaten Nganjuk. Sumber Data Diambil dari data primer: Kepala Sekolah, guru dan peserta didik. Data sekunder: Dokumentasi dan Obsevasi. Data dikumpulkan melalui Wawancara, Dokumentasi, Observasi, Selanjutnya menganalisa hasil penelitian dilakukan untuk dapat jawaban atas penelitian yang dilakukan dan berusaha membuahkan suatu kerangka berpikir. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Perencanaan pembelajaran akidah akhlak berbasis quantum learning meliputi menyiapkan silabus, rpp, metode pembelajaran, bahan ajar, kompetensi dasar, standar kompetensi, kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar, serta menyetting ruangan. 2) Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak berbasis quantum learning meliputi diskusi secara berkelompok dengan masing-masing beranggotakan 3-5 peserta didik, guru menjelaskan tugas yang harus dikerjakan, dan setiap kelompok mengajukan pertanyaan saat kelompok lain sedang mempresentasikan hasil diskusi. 3) Evaluasi pembelajaran akidah akhlak berbasis quantum learning meliputi menggunakan media tanya jawab secara langsung atau pre tes dan penilaian otentik, pengamatan pengetahuan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 01 Mar 2023 07:40
Last Modified: 01 Mar 2023 07:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7821

Actions (login required)

View Item View Item