Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III B Di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mustafidin Sonorejo Kabupaten Kediri

Puspita Sari, Sri Wahyuni Retna (2022) Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III B Di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mustafidin Sonorejo Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932609118_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932609118_bab1.pdf

Download (379kB)
[img] Text
932609118_bab2.pdf

Download (238kB)
[img] Text
932609118_bab3.pdf

Download (305kB)
[img] Text
932609118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
932609118-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
932609118_bab6.pdf

Download (87kB)
[img] Text
932609118_daftarpustaka.pdf

Download (266kB)
[img] Text
932609118_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
932609118_surarpernyataan.pdf

Download (124kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yakni mengelola kelas, dimana mengelola kelas merupakan masalah yang kompleks, mengelola kelas sangat dibutuhkan guna mengoptimalkan pembelajaran, Adapun Fokus Penelitian dalam penelitian ini yakni 1) keterampilan preventif guru dalam pengelolaan kelas yang optimal pada mata pelajaran Matematika di Kelas III B MI Hidayatul Mustafidin Sonorejo ? Dan 2) keterampilan preventiv guru dalam pengelolaan kelas yang optimal pada mata pelajaran Matematika di Kelas III B MI Hidayatul Mustafidin Sonorejo ? Metodologi penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dimana dalam bentuk penjabaran data dilakukan dalam bentuk deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar wawancara guru, waka kurikulum dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam keterampilan mengelola kelas dapat ditempuh edngan dua cara keterampilan yang bersifat preventif dan represif, hal ini dibuktikan melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi kepada guru kelas 3B. Untuk menciptakan dan memelihaa kondisi belajar yang optimal seorang guru menunjukkan sikap tanggap memberi dan memgaikan perhatian, memusatkan perhatian kelompok, memberi petunjuk-petunjuk yang jelas, menegur, memberi penguatan. Keterampilan mengelola kelas yang kedua bersifat represif yakni modifikasi tingkah laku, pengelolaan kelompok, menemukan dan memecahkan, serta mengembangkan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Wahyuni Retna Puspita Sari
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:46
Last Modified: 27 Feb 2023 02:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7787

Actions (login required)

View Item View Item