Ikhwan, M. Munirul (2014) Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Toko Rizquna Lirboyo Kediri Dalam Memasarkan Produk Busana Muslim. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933500408 prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933500408 all.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
Abstract
Peningkatan Penjualan adalah tujuan utama dan sekaligus merupakan reputasi dan prestasi yang hendak dicapai oleh Toko Rizquna Lirboyo Kediri. Penelitian ini dilakukan terkait penurunan penjualan yang dialami toko Rizquna Lirboyo Kediri, dimana pada tahun 2010, volume penjualannya menurun 3%, dibanding tahun sebelumnya pada tahun 2009, ini terjadi karena banyaknya pesaing di sekitar toko, permasalahan lainnya adalah strategi komunikasi pemasaran terpadu yang diterapkan oleh Toko Rizquna Lirboyo Kediri belum sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dijalankan, serta melihat dampak dari strategi komunikasi pemasaran terpadu yang sudah dijalankan oleh toko Rizquna Lirboyo Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, dokumentasi dan pengamatan tidak berpartisipasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data digunakan triangulasi sumber, dimana jawaban subyek dikroscek dengan dokumen yang ada. Hasil penelitian yang didapat adalah 1) strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dijalankan oleh toko Rizquna Lirboyo Kediri adalah melakukan apa yang terdapat dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu yaitu dengan beriklanan melalui media Dhoho TV, promosi dengan produk-produk yang terkenal, penukaran kupon, pengurangan harga, paket harga transaksi, pajangan melalui patung, Public rellations yaitu program santunan anak yatim, santunan untuk janda, dan pembagian zakat, Personal selling yaitu menawarkan busana muslim kepada teman/santri/konsumen, meningkatkan kualitas pelayanan (keramahan), penjualan langsung yaitu memanfaatkan media telephon dan ponsel, serta TV sebagai sarana iklan, fax digunakan pada konsumen tertentu, sedangkan Internet belum digunakan karena masih takut adanya penipuan yang semakin marak. 2) Dampak dari komunikasi pemasaran terpadu yaitu mampu meningkatkan volume penjualan, serta meningkatkan citra toko Rizquna Lirboyo Kediri di mata konsumen dan masyarakat. Meskipun toko Rizquna Lirboyo Kediri menggunakan kelima elemen, namun ada elemen yang lebih diutamakan yaitu elemen yang memungkinkan terjadinya komunikasi dengan konsumen secara langsung seperti personal selling.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 07:19 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 07:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7771 |
Actions (login required)
View Item |