Yusuf, Mohamad Adi (2018) Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas 5B SD Plus Rahmat Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933404614-PraBAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
933404614-bab1.pdf Download (311kB) |
|
Text
933404614-bab2.pdf Download (363kB) |
|
Text
933404614-bab3.pdf Download (194kB) |
|
Text
933404614-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
933404614-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
|
Text
933404614-bab6.pdf Download (283kB) |
|
Text
933404614-DaftarPustaka.pdf Download (261kB) |
|
Text
933404614-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan karakter adalah sebuah usaha untuk menanamkan karakter pada diri individu yang bertujauan untuk lebih memahami nilai-nilai etis melalui berbagai metode kelak memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat. Pendidikan karakter dalam pandangan teori Behaviorisme Skinner, teori Modelling Albert Bandura, dan teori Insight Wolgang Kohler yaitu peran lingkungan yang sangat penting guna membentuk karakter siswa atau anak dengan menggunakan Reward dan Punishment, lingkungan juga berperan untuk membentuk karakter dilihat dari bagaimana siswa mampu beradapatasi dengan lingkungan tersebut. Contoh prilaku berkarakter, dan juga pemahaman pentingnya berprilaku sesuai karakter dengan peran lingkungan yaitu orang tua dan guru agar karakter dapat tertanam pada diri anak. Pada siswa kelas 5B SD Plus Rahmat Kota Kediri dididik karakternya dengan berbagai cara, namun pada kenyataannya ada siswa yang merespon positif dan negatif dari setiap nilai karakter yang ditanamkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Gambaran pendidikan karakter pada siswa SD Plus Rahmat Kota Kediri, 2. Perkembangan karakter siswa kelas 5B SD Plus Rahmat Kota Kediri dalam menjalani pendidikan karakter, dan 3. Faktor-faktor perbedaan yang mempengaruhi perkembangan karakter siswa kelas 5B SD Plus Rahmat Kota Kediri. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitaif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini bertempat di SD Plus Rahmat Kota Kediri. Teknik pemilihan subjek dengan Purposive Sampling yaitu berjumalah 9 subjek dengan kriteria bintang karakter banyak hingga sedikit. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan pemaparan data, yang selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan atau verifikasi keabsahan data yang diuji dengan teknik triangulasi. Hasil dari penilitian ini ditemukan: 1. Gambaran pendidikan karakter di sekolah menggunakan teknik reward, punishment, dan modelling yang dididik oleh guru walikelas mereka, sedangkan ketika di rumah menggunakan teknik reward, punishment, insight, dan modelling yang mayoritas dididik oleh ibu mereka dan sesekali oleh ayah dan saudara. 2. Perkembangan karakter siswa ketika disekolah menunjukan keragaman yaitu menunjukan karakter disiplin, religius, kerja keras, peduli, dan percaya diri, ada yang menunjukan perilaku berkarakter yang sering, terkadang, dan tidak sama sekali Begitu juga di rumah mereka menunjukan keragaman dalam hal respon seperti di sekolah. 3. Faktor pembeda perkembangan karakter. Ketika di sekolah dididik karakternya oleh wali kelas mereka dan keadaan sekolah agak sempit, namun dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang karakter, sehingga siswa mampu beradaptasi untuk menunjukan karakternya. Ketika di rumah mereka dididik karakternya oleh orang tua mereka dan sesekali saudara. Kemudian kondisi lingkungan rumah yang tersedia fasilitasnya untuk mengembangankan karakter mereka.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 01:58 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 01:58 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/777 |
Actions (login required)
View Item |