Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Pada Siswa Kelas IV SDIT Al-Istiqomah

Pramana, Fikri Hadyan (2023) Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Pada Siswa Kelas IV SDIT Al-Istiqomah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932122418_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932122418_bab1.pdf

Download (98kB)
[img] Text
932122418_bab2.pdf

Download (115kB)
[img] Text
932122418_bab3.pdf

Download (137kB)
[img] Text
932122418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
932122418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
932122418_bab6.pdf

Download (64kB)
[img] Text
932122418_daftarpustaka.pdf

Download (98kB)
[img] Text
932122418_surapernyataan.pdf

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI kelas IV SDIT Al – Istiqomah Pace Nganjuk. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SDIT Al-Istiqomah yang berjumlah 34 siswa. Pengambilan sampel teknik sampling jenuh, yaitu teknik penentuan sampel dengan semua anggota populasi yaitu siswa kelas IV SDIT Al-Istiqomah. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar dan motivasi belajar serta soal tes pengetahuan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis yang meliputi uji t dan uji f. Dilakukannya uji hipotesis dan analisis data maka mendapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan siginifikan antar variabel. Pengaruh variabel gaya belajar dan hasil belajar sebesar 84,9% dan nilai koefisien signifikansi sebesar 0,006 lebih kecil dari nilai signifikansi 5%. Hal ini berarti bahwa semakin baik gaya belajar siswa, maka semakin baik pula hasil belajar yang dicapai siswa. Sedangkan pengaruh pada variabel motivasi belajar dengan hasil belajar sebesar 89.6% dan hasil koefisien signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari nilai signifikansi 5%. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa, maka semakin baik pula hasil belajar yang dicapai siswa. Pengaruh dari kedua variabel gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar memilki pengaruh sebesar 49% dan nilai signifikansinya sebesar 14,896 > 3,30 yang dapat disimpulkan bahwa terdaapat pengaruh yang signifikan pada setiap variabel.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fikri Hadyan Pramana
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:23
Last Modified: 27 Feb 2023 03:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7758

Actions (login required)

View Item View Item