Evaluasi Pelaksanaan Metode Yanbu`A Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur`An Di Pesantren Hidayatus Sholihin Kediri Tahun Ajaran 2020/202

Nikmah, Siti Lailatun (2021) Evaluasi Pelaksanaan Metode Yanbu`A Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur`An Di Pesantren Hidayatus Sholihin Kediri Tahun Ajaran 2020/202. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932114017_prabab.pdf

Download (250kB)
[img] Text
932114017_bab1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
932114017_bab2.pdf

Download (242kB)
[img] Text
932114017_bab3.pdf

Download (216kB)
[img] Text
932114017_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
932114017_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
932114017_bab6.pdf

Download (69kB)
[img] Text
932114017_daftarpustaka.pdf

Download (194kB)

Abstract

ABSTRAK SITI LAILATUN NI`MAH. 2021. Evaluasi Pelaksanaan Metode Yanbu`a Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur`an Di Pesantren Hidayatus Sholihin Kediri Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Iskandar Tsani, M.Ag. dan (2) Sufirmansyah, M.Pd.I Kata Kunci : Evaluasi, Pelaksanaan Metode Yanbu`a, CIPP (context, input, process, product). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana evaluasi Context, Input, Process dan product dalam pelaksanaan metode Yanbu`a di Pesantren Hidayatus Sholihin Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, product) menggunakan teori Stufflebeam. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan tiap tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang sudah sesuai kemudian dilakukan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan komponen 1) Context yakni Pesantren telah mempunyai tujuan pelaksanaan metode yanbu`a dalam membaca Al-Qur`an untuk menciptakan generasi Qur`ani yang amali. Legalitas program pesantren terpandu pada acuan keputusan dari menteri pendidikan dan kebudayaan. Dukungan lingkungan diadakan karena sangat dibutuhkan oleh guru, santri dan wali santri. 2) Input yakni SDM sudah sangat memadai. Sumber dana diperoleh dari Syahriyah dan jariyah baik dari wali santri maupun masyarakat setempat. Perencanaan yang diperlukan dalam program pelaksanaan metode Yanbu`a yakni melibatkan santri pada proses kegiatan. Kurikulum pembelajaran yang digunakan dengan sistem klasikal, musyafahah, ardhul qira`ah dan muroja`ah. 3) Process pelaksanaan dilakukan secara tatap muka setiap hari dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pengajar sudah baik dalam menyampaikan pembelajaran di program pelaksanaan metode Yanbu`a dari segi pengelolaan kelas hingga kemampuan mengajar sudah berkompeten. Minimnya hambatan yang dijumpai pada santri. 4) Pencapaian program pada pelaksanaan metode Yanbu`a sudah baik. Manfaat adanya program pelaksanaan metode Yanbu`a santri mampu melafalkan Al-Qur`an dengan baik secara tajwid, tartil, kefashihan, dan makhorijul huruf

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:22
Last Modified: 16 Feb 2023 03:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7707

Actions (login required)

View Item View Item