Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Ngancar Kediri

Salamah, Dini Nur (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Ngancar Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109215_prabab.pdf

Download (680kB)
[img] Text
932109215_bab1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
932109215_bab2.pdf

Download (336kB)
[img] Text
932109215_bab3.pdf

Download (197kB)
[img] Text
932109215_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
932109215_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
932109215_bab6.pdf

Download (87kB)
[img] Text
932109215_daftarpustaka.pdf

Download (138kB)
[img] Text
932109215_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK DINI NUR SALAMAH, Dosen Pembimbing Dr. MU‟AWANAH, M. Pd dan DEWI AGUS TRIANI, M. Pd. I. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Islami Peserta Didik di SMP Negeri 2 Ngancar Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Perilaku Islami, Peran Guru PAI,. Di era Modern seperti saat ini, segala kecanggihan telah hadir dengan segala kemudahannya. Hadirnya kecanggihan teknologi di jaman milenial ini memberikan perubahan yang besar, salah satunya dalam hal perilaku setiap individu. Peran guru PAI memiliki posisi yang sangat penting dalam membentuk perilaku peserta didik di lingkungan sekolah. Jika guru mampu mengarahkan peserta didik dalam perilaku islami, maka tidak mungkin di dalam sekolahan tersebut tidak tercipta perilaku islami. Hal demikian telah dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ngancar Kediri budaya perilaku islami sangat terasa sekali saat melaksanakan penelitian di tempat lokasi penelitian tersebut karena disana peneliti banyak sekali menemukan hal-hal yang berhubungan dengan perilaku islami. Tujuan Penelitian adalah 1) Untuk mengetahui peran Guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku islami terhadap peserta didik. 2) Untuk mengetahui peran Guru PAI sebagai model dan teladan dalam meningkatkan perilaku islami peserta didik 3) Untuk mengetahui peran PAI sebagai evaluator dalam meningkatkan perilaku islami peserta didik di SMP Negeri 2 Ngancar Kediri. Jenis peneltian yang digunakan ialah Penelitian Kualitatif. Objek penelitian ialah siswa-siswa SMPN 2 Ngancar dan para stake holder SMPN 2 Ngancar Kediri. teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data yang tidak relevan, pemaparan data dan penarikan kesimpulan dari data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran Guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku islami peserta didik melalui kegiatan bersama seperti sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, berperilaku baik dan sebagainya, membiasakan, mendisiplinkan, senantiasa mengarahkan dan membimbing peserta didiknya agar istiqomah melakukan kegiatan keagamaan serta mempraktikkan adab dengan baik dan benar. 2) Peran Guru PAI sebagai model dan teladan dalam meningkatkan perilaku Islami peserta didik ialah dengan mendidik mental dan kebiasaan baik melalui cerminan diri seorang guru dengan cara memberikan tauladan dalam hal cara berpakaian dan berkomunikasi. 3) Peran guru PAI sebagai evaluator dalam meningkatkan perilaku Islami peserta didik diantaranya dengan tes tulis, tes praktek dan dengan pengamatan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:52
Last Modified: 14 Feb 2023 03:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7690

Actions (login required)

View Item View Item