Laila, Astri Okta Nur (2021) Optimalisasi Fungsi Masjid Al-Hasan Dalam Penguatan Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMP Negeri III Pare). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932100717_prabab.pdf Download (640kB) |
|
Text
932100717_bab1.pdf Download (299kB) |
|
Text
932100717_bab2.pdf Download (323kB) |
|
Text
932100717_bab3.pdf Download (208kB) |
|
Text
932100717_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
|
Text
932100717_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
Text
932100717_bab6.pdf Download (187kB) |
|
Text
932100717_daftarpustaka.pdf Download (241kB) |
|
Text
932100717_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK ASTRI OKTA NUR LAILA, Dosen Pembimbing Dr. H. SYAMSUL HUDA, M. Ag dan NURUL AHSIN, M. Pd. I. Optimalisasi Fungsi Masjid dalam Penguatan Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP Negeri III Pare), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Optimalisasi fungsi masjid, pendidikan agama Islam. Tempat beribadah (masjid) merupakan salah satu sarana yang harus ada di lingkungan sekolah. SMP Negeri III Pare memiliki masjid yang diberi nama masjid Al-Hasan. Melalui masjid Al-Hasan, pendidik berupaya mengoptimalkan fungsinya dengan menyediakan berbagai kegiatan keagamaan bagi peserta didik yang bertujuan agar kegiatan-kegiatan tersebut dapat menjadi penguat bagi pendidikan agama Islam di SMP Negeri III Pare. Fokus penelitian ini adalah: 1) Apa macam-macam kegiatan yang dilaksanakan di masjid Al-Hasan bagi peserta didik SMP Negeri III Pare? 2) Bagaimana relevansi antara kegiatan di masjid AlHasan dengan pendidikan agama Islam di SMP Negeri III Pare? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan yang dilaksanakan di masjid dibedakan menjadi kegiatan wajib dan kegiatan tidak wajib. Kegiatan wajib diantaranya shalat dhuha dan shalat dhuhur berjama‟ah, kegiatan pembelajaran, kegiatan PHBI dan pondok Ramadhan. Sedangkan kegiatan tidak wajib yaitu Forum Komunikasi Pelajar Muslim (FKPM), majlis shalawat Mercusuar, dan Seni Baca Qur‟an (SBQ). 2) Relevansi antara kegiatan di masjid Al-Hasan dengan pendidikan agama Islam ialah sebagai pendukung muatan dari materi dalam bahan ajar melalui praktik agar bertambah pemahaman dan pengalaman sehingga dapat tercapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Sedangkan hambatan yang peneliti temukan dalam upaya pengoptimalisasian masjid Al-Hasan ialah kurangnya pemberian motivasi dan evaluasi dari pihak sekolah sehingga beberapa kegiatan yang telah disediakan kurang terlaksana secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 03:40 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 03:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7687 |
Actions (login required)
View Item |