Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Aqidah Akhlak Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di MTsN 3 Blitar

Almasyaifa, Citra Prastita (2021) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Aqidah Akhlak Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di MTsN 3 Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
923107816_prabab.pdf

Download (918kB)
[img] Text
923107816_bab1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
923107816_bab2.pdf

Download (209kB)
[img] Text
923107816_bab3.pdf

Download (982kB)
[img] Text
923107816_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
923107816_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
923107816_bab6.pdf

Download (91kB)
[img] Text
923107816_daftarpustaka.pdf

Download (182kB)
[img] Text
923107816_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK CITRA PRASTITA ALMASYAIFA, 2021. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Agama Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN 3 BLITAR, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing (1) Ninik Zuroidah, M.Si. dan (2) Novi Rosita Rahmawati, M.Pd. Kata kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Hasil Belajar Hasil belajar siswa dalam pembelajaran terlihat melalui proses menentukan nilai belajar siswa melalui kegiatan pengukuran hasil belajar. Guru yang kompeten memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Dalam undang-undang guru dan dosen, bahwa guru harus memiliki 4 kompetensi diantaranya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru yang bisa mengelola suatu proses interaksi belajar mengajar dengan peserta didik sedangkan kompetensi profesional adalah seperangkat kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru, sehinggadapat membimbing peserta didik mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini yaitu : Untuk mengetahui persepsi siswa kelas VIII di MTsN 3 Blitar tentang kompetensi pedagogik guru Aqidah Akhlak,Untuk mengetahui persepsi siswa kelas VIII di MTsN 3 Blitar tentang kompetensi profesional guru Aqidah Akhlak,Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa kelas VIII di MTsN 3 Blitar tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru Aqidah Akhlak terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 235 siswa kelas VIII MTsN 3 Blitar, jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 67 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mendapatkan nilai hasil belajar siswa, angket digunakan untuk mengetahui kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang populasi, sampel, dan informasi lain yang dibutuhkan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan : Ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan nilai thitung sebesar 2,665 > ttabel 1,99, dan dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, Ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan nilai thitung 2,012 > ttabel 1,997, dan dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, Ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan nilai Fhitung3,690 > Ftabel 3,14, dan dapat disimpulkan bahwa Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:17
Last Modified: 06 Feb 2023 07:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7645

Actions (login required)

View Item View Item