Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Madrasah Diniyah Ula Al Irsyadiyah Tarokan Kediri

Nafi'ah, Nofi Lailatul (2022) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Madrasah Diniyah Ula Al Irsyadiyah Tarokan Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104818_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932104818_bab1.pdf

Download (400kB)
[img] Text
932104818_bab2.pdf

Download (707kB)
[img] Text
932104818_bab3.pdf

Download (530kB)
[img] Text
932104818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
932104818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
932104818_bab6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932104818_daftarpustaka.pdf

Download (299kB)

Abstract

ABSTRAK NOFI LAILATUL NAFI’AH, Dosen Pembimbing Dr. H. Ilham Tohari, M.H.I, dan M. Alim Khoiri, S. HI, M.Sy, Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di Madrasah Diniyah Ula Al Irsyadiyah Desa Kerep Tarokan Kediri. Skripsi, Program Study Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah. Institut Agama Islam (IAIN) Kediri, 2022. Kata Kunci: Upaya Guru, Membaca, Al-Qur’an Peningkatan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an dapat di pengaruhi dari beberapa faktor. Salah satu faktor yang paling mempengaruhi yaitu teman sebaya, keluarga, lingkungan sosial, lingkungan Pendidikan Sekolah. Namun sesuai dengan fokus penelitian yang akan peneliti bahas disini yaitu pada faktor sekolah yaitu Madrasah Diniyah. Penelitian ini fokus pada: 1. Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri? 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Santri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an Santri di Madrasah Diniyah Ula Al Irsyadiyah Kerep Tarokan Kediri. Hasil penelitian tersebut diharapkan mampu memberikan pemahaman terkait dengan upaya apa saja yang dapat dilakukan guru sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri. Objek dari penelitian ini yaitu kepala madrasah, guru dan santri di Madrsah Diniyah Al Irsyadiyah. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi.analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, serta menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri dilakukan dengan mencari metode yang cocok untuk pengajaran santri di Madrasah yaitu mengunakan pengajaran mengunakan metode sorogan dengan maju per orangan menghadap guru sehingga memudahkan guru dalam mengetahui peningkatan santri dalam kelancaran membaca Al-Qur’an, memberikan penugasan dengan mencari bacaan tajwid dalam surah-surah pendek, memberikan motivasi kepada santri dengan memberikan semangat dengan menceritakan mengambil kisah-kisah nabi dalam keutamaan membaca Al-Quran, membiasakan santri untuk membaca Al-Qur’an dengan. Terdapat faktor penghambat yaitu pada jam pembelajaran hanya diberikan 1 jam, orang tua yang tidak mendukung anak belaja dengan membiarkan anak mau ngaji atau tidak, sarana dan prasarana santri yang kurang cukup, teman sebaya dengan mengikuti teman yang suka bolos atau tidak ikut ngaji sehingga pemahaman santri sulit meningkat dan ketika guru memahamkan santri bergurai sendir. Faktor pendukun yaitu guru, lingkungan sosial, pembiasaan dan pengaplikasian bertujuan agar dapat menunjang santri dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nofi Lailatul Nafi'ah
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:04
Last Modified: 06 Feb 2023 07:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7643

Actions (login required)

View Item View Item