Udhhiyyah, St. Rifa’ul Mahmudatul (2014) ترقية تعليم المفردات باستخدام وسيلة باوربوينت(PowerPoint) في المعهد منبع الحسان للبنين بدال فانديان عاديلويه كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
prabab.pdf Download (512kB) |
|
Text
bab1.pdf Download (237kB) |
|
Text
bab2.pdf Download (457kB) |
|
Text
bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
Text
bab5.pdf Download (182kB) |
Abstract
Tidak dapat dipungkiri bahwa mufradat adalah hal penting dalam pembelajaran bahasa Arab. Semua maharah dalam bahasa arab tidak akan pernah terlepas dari mufradat. Namun saat ini banyak siswa yang merasa malas dalam menghafal mufradat sehingga berimbas pada penguasaan maharah-maharah yang lain. Salah satu penyebab keadaan ini adalah pemilihan media yang kurang tepat dan masih mengikuti paradigma lama dalam dunia pendidikan, yakni pembelajaran yang selalu berpusat pada guru seperti yang ada di Pondok Pesantren Anak-Anak Mamba’ul Hisan Badalpandean Ngadiluwih Kediri. Sementara tuntutan dunia pendidikan mulai berkembang, siswa dituntut aktif dalam pembelajaran. Bila kita masih mengikuti paradigma lama tersebut, tentu kita tidak mampu menjawab tuntutan dunia pendidikan. Untuk itu seharusnya kita merubah media yang masih hanya berkiblat pada paradigma lama yaitu dengan pusat pembelajaran terletak pada siswa. Oleh karena itu penulis ingin menggunakan media powr point untuk meningkatkan pembelajaran mufradatdi Pondok Pesantren Anak-Anak Mamba’ul Hisan Badalpandean Ngadiluwih Kediri. dimana media ini merupakan salah satu media yang pembelajaannya berpusat pada siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana pengajaran mufradat dengan menggunakan media power point di Pondok Pesantren Anak-Anak Mamba’ul Hisan Badalpandean Ngadiluwih Kediri? dan 2) apa masalah pengajaran mufradat dengan menggunakan media power point di Pondok Pesantren Anak-Anak Mamba’ul Hisan Badal Pandean Ngadiluwih Kediri? Penulis menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pembelajaran mufradat dengan menggunkan media power point mulai dari siklus 1 dan siklus 2 pada aspek Menghafal, Menjawab, Menanggapi Antusis. Hasil ulangan yang diberikan kepada siswa juga menunjukkan kemajuan dari siklus ke siklus. Hasil rata-rata nilai harian pada siklus 1 7,6 dengan ketuntasan belajar 7,2 sedangkan pada siklus II, nilai ulangan harian naik menjadi 8,1 dengan ketuntasan hasil belajar 77.Dari sini dapat disimpulkan bahwa media power point dapat meningkatkan pengajaran mufradat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 04:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7619 |
Actions (login required)
View Item |