تطبيق الوسائل التعليمية صورة مسلسلة لترقية كتابة الإنشاء لطلاب الفصل الأول في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية كانيغورا كراس

R., Alfi Zulfiana (2014) تطبيق الوسائل التعليمية صورة مسلسلة لترقية كتابة الإنشاء لطلاب الفصل الأول في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية كانيغورا كراس. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932502810 prabab.pdf

Download (549kB)
[img] Text
932502810 1-3.pdf

Download (566kB)
[img] Text
932502810 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text
932502810 5.pdf

Download (168kB)
[img] Text
932502810 daftar pustaka.pdf

Download (231kB)

Abstract

Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwasanya menulis karangan itu termasuk kemampuan berbahasa yang sulit, maka seorang pengajar membutuhkan tehnik mengajar dan metode pengajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa pada pelajaran bahasa Arab, diantaranya media pembelajaran gambar berseri. Media pembelajaran gambar berseri termasuk media pembelajaran yang dapat merangsang ide siswa dengan dihadirkannya gambar-gambar berseri yang diperolehy dari apa yang sudah mereka lihat kedalam sebuah karangan. Dan media ini sesuai untuk pembelajaran menulis karangan karena bias membantu siswa untuk berpikir secara aktif. Penelitian ini dari jenis PTK dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah siswa kelas 1 di MTsN Kanigoro Kras Kediri. Tindakan ini membutuhkan dua siklus yaitu siklus pertama dan siklus kedua. Rumusan masalah pada penelitian ini 1) Bagaimana penerapan media pembelajaran gambar berseri dalam belajar menulis karangan untuk siswa kelas 1 di MTsN Kanigoro Kras Kediri?. 2)Apakah media pembelajaran gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan di kelas 1 di MTsN Kanigoro Kras Kediri?. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Dan pelaksanaannya menggunakan empat cara, diantaranya menyusun langkah-langkah dan pelaksanaan pembelajaran, observasi dan penilaian. Kesimpulan penelitian yaitu Penerapan Media Pembelajaran Gambar Berseri mampu meningkatkan kemampuan siswa kelas VII MTsN Kanigoro Kras Kediri didalam menulis karangan. Bukti sebagaimana peneliti lihat dari observasi kepada siswa adalah bahwasanya Penerapan Media Pembelajaran Gambar Berseri didalam belajar menulis karangan sangat baik. Hal itu bias dilihat dari peningkatan pemahaman siswa. Mereka menyukai cara belajar dengan media pembelajaran gambar berseri agar tidak merasa bosan. Gambar berseri dianggap dapat memunculkan ide didalam menulis karangan. Begitu juga sebagaimana kita tahu nilai rata-rata siswa pada siklus pertama 69 dengan ketuntasan siswa 45%. Dan pada siklus kedua nilai rata-rata siswa 78 dengan ketuntasan siswa 88%. Alhamdulillah peneliti dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan dengan menggunakan media pembelajaran gambar berseri untuk siswa kelas VII MTsN Kanigoro Kras Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:28
Last Modified: 01 Feb 2023 07:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7611

Actions (login required)

View Item View Item