Zakiyah, Cici (2014) تطبيق إستراتيجيّة مجموعة مباراة اللعبة (Team Game Tournament) لترقية تعليم النحو والصرف في المدرسة المتوسطة الإسلامية الأشعرية بانجارساري جومبانج. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932503909 prabab.pdf Download (489kB) |
|
Text
932503909 full.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) |
Abstract
Tidak dapat dipungkiri bahwa nahwu shorof adalah hal penting dalam pengajaran bahasa Arab. Semua maharah dalam bahasa arab tidak akan pernah terlepas dari nahwu shorof. Namun saat ini banyak siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi ini sehingga berimbas pada penguasaan maharah-maharah yang lain. Salah satu penyebab keadaan ini adalah pemilihan metode yang kurang tepat dan masih mengikuti paradigma lama dalam dunia pendidikan, yakni pembelajaran yang berpusat pada guru seperti yang ada di MTs Al-Asy’ariyah Banjarsari Jombang. Sementara tuntutan dunia pendidikan mulai berkembang, siswa dituntut aktif dalam pembelajaran. Bila kita masih mengikuti paradigma lama tersebut, tentu kita tidak mampu menjawab tuntutan dunia pendidikan. Untuk itu seharusnya kita merubah metode yang masih hanya berkiblat pada paradigma lama yaitu dengan pusat pembelajaran terletak pada siswa. Oleh karena itu penulis ingin menerapkan Metode TGT (Team Game Tournament) untuk meningkatkan pembelajaran nahwu shorof bagi siswa kelas VII B di Madrasah Tsanawiyah Al-Asy’ariyah Banjarsari Jombang dimana Metode TGT ini merupakan salah satu metode yang pembelajarannya berpusat pada siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode TGT untuk meningkatkan nahwu shorof dalam pembelajaran bahasa arab bagi siswa kelas VII B di Madrasah Tsanawiyah Al-Asy’ariyah Banjarsari Jombang, dan 2) Apakah hasil pengajaran nahwu shorof dengan menggunakan metode TGT untuk meningkatkan pembelajaran bahasa arab bagi siswa kelas VII B di Madrasah Tsanawiyah Al-Asy’ariyah Banjarsari Jombang? Penulis menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah pada siklus pertama pertemuan 1 siswa yang berhasil sebesar 12,77%, pada pertemuan 2 sebesar 31,30% dan pada siklus kedua pertemuan 1 sebesar 79,30% sedangkan pada pertemuan 2 semua siswa berhasil 100%. Dari sini dapat disimpulkan bahwa Metode TGT (Team Game Tournament) dapan meningkatkan pembelajaran nahwu shorofpada siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040901 'Ilmu al-Nahw (Arabic Syntax and Grammar) 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040902 'Ilmu al-Sharf (Arabic Morphology), (struktur bahasa Arab) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 03:47 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 03:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7607 |
Actions (login required)
View Item |