تطبيق طريقة لعب الدور (Role Play) لترقية مهارة الكلام في الصف الثامن في الفصل الألف (أ)بالمدرسة المتوسطة سونان أمبيل فانجير فلوسوكلاتين كديري

Zakiyah, Falida Maratuz (2014) تطبيق طريقة لعب الدور (Role Play) لترقية مهارة الكلام في الصف الثامن في الفصل الألف (أ)بالمدرسة المتوسطة سونان أمبيل فانجير فلوسوكلاتين كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB 1-5 TERKUMPUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Arab mempunyai beberapa unsur salah satunya adalah kemampuan berbicara (maharah kalam) .Seperti kita ketahui bahwa kemampuan berbicara adalah hal yang penting dalam penguasaan bahsa arab. Akan tetapi, sekarang sebagian besar siswa merasa jenuh dengan metode yang di gunakan para guru untuk meningkatkan maharah kalam yang tidak memiliki kreatifitas dan nilai seni. Penelitian ini sangat penting untuk meningkatkan proses belajar mengajar khususnya pembelajaran bahasa Arab dan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam psoses pembelajaran. Untuk itu, dibutuhkan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang aktif, inovatif dan menyenangkan bagi siswa agar mereka mudah untuk memahami materi pembelajaran. Metode ini dinamakan dengan metode Role Play (bermain peran). Role Play (bermain peran) adalah suatu metode penyampaian informasi atau materi pembelajaran dengan cara bermain peran untuk menghadirkan peran-peran yang ada di dunia nyata kedalam suatu pertunjukkan untuk dijadikan bahan diskusi. Sedangkan Maharah kalam adalah (keterampilan berbicara kemampuan mengungkapkan bunyi- bunyi artuikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan pikiran berupa ide, pendapat, keinginan atau perasaan kepada pembicara. Disini siswa mampu berperan aktif dalam menguasai Bahasa Arab secara mahir, serta siswa mampu dalam pembelajaran Bahasa Arab karena sepenuhnya keaktifan diambil oleh siswa, guru hanya sebagai perantara materi saja. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode role play untuk meningkatkan Maharah Kalam kelas VIII MTs Sunan Ampel Panjer Plosoklaten Kediri? (2) Bagaimana Pretasi siswa sebelum dan sesudah penerapan Metode Role Play di MTs Sunan Ampel?, (3) Apa masalah-masalah dan jalan keluar dari penerapan Metode Role Play di MTs Sunan Ampel? . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan subjek penelitian kelas VIII A di MTs Sunan Ampel Desa Panjer Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Kemudian analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Role Play mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam kemampun berbicara bahasa Arab. Hal ini bisa dilihat dari hasil data penelitian ketuntasan siswa pada siklus I 80% dengan nilai rata-rata 71 dan siklus II 100% dengan nilai rata-rata 8. . Dari hasil penelitian tersebut, peneliti dapat menyimpulkan bahwasanya metode role play mampu meningkatkan prestasi siswa dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran maharah kalam bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2003 Language Studies > 200314 South-East Asian Languages (excl. Indonesian)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:30
Last Modified: 31 Jan 2023 04:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7603

Actions (login required)

View Item View Item