Mustopa, Mustopa (2023) Kecerdasan Sosial Anak MI Mambaul Ulum Rejomulyo Kota Kediri Yang Di Asuh Orang Tua Dengan Pendidikan Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933427818_prabab.pdf Download (327kB) |
|
Text
933427818_bab1.pdf Download (170kB) |
|
Text
933427818_bab2.pdf Download (215kB) |
|
Text
933427818_bab3.pdf Download (129kB) |
|
Text
933427818_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
Text
933427818_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
Text
933427818_bab6.pdf Download (10kB) |
|
Text
933427818_daftarpustaka.pdf Download (82kB) |
Abstract
Perkembangan kecerdasan di masa kanak-kanak merupakan ujung tombak yang menentukan sikap, nilai dan perilaku ke depan. Pada hakekatnya lingkungan keluarga merupakan wadah pembentukan sifat masing-masing dari anak-anaknya, terutama pada anak berusia 9-11 tahun dimana anak usia tersebut yang masih membutuhkan pendidikan dari orang tuanya. Diketahui beberapa faktor yang mempengaruhi pola mendidik anak ialah tingkat pendidikan orang tua. Di MI Mambaul Ulum Rejomulyo Kota Kediri terdapat tiga anak yang diantaranya memiliki empati yang tinggi, ketrampilan berkomunikasi yang baik dan mempunyai banyak teman dan mereka diasuh oleh orang tua berpendidikan hanya sekolah dasar. Untuk itu fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana gambaran kecerdasan sosial anak di MI Mambaul Ulum Rejomulyo Kota Kediri yang diasuh oleh orang tua berpendidikan Sekolah Dasar?, 2) Bagaimana pola asuh orang tua berpendidikan sekolah dasar guna membentuk kecerdasan sosial kepada anaknya yang menjadi siswa di MI Mambaul Ulum Rejomulyo Kota Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan deskriptif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan dalam menganalisis, peneliti menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, kemudian mengambil kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa: : 1) Gambaran kecerdasan sosial anak di MI Mambaul Ulum Rejomulyo Kota Kediri yang diasuh oleh orang tua berpendidikan Sekolah Dasar yaitu , melerai temannya ketika ada temannya yang berkelahi, mendengarkan dengan baik ketika diajak berbicara dan tidak segan-segan menawarkan bantuan kepada orang lain, mendengarkan dengan baik ketika diajak berbicara dan saling menyapa kepada sesama teman, 2) Pola asuh orang tua berpendidikan sekolah dasar guna membentuk kecerdasan sosial kepada anaknya yang menjadi siswa di MI Mambaul Ulum Rejomulyo Kota Kediri adalah memberikan kehangatan dengan menghibur anak dengan jalan-jalan dan membelikan jajan, memberikan kontrolisasi ketika anak makan atau ketika memberikan uang saku dan memberikan responsivitas dengan mengajak berwisata.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Mustopa Mustopa |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 04:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7599 |
Actions (login required)
View Item |