Dewi, Nur Oktawiyana (2022) Implementasi Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Di Pondok Modern Al-Barokah Patianrowo Nganjuk. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101720015_prabab.docx.pdf Download (1MB) |
|
Text
92101720015_bab1.docx.pdf Download (520kB) |
|
Text
92101720015_bab2.pdf Download (484kB) |
|
Text
92101720015_bab3.pdf Download (496kB) |
|
Text
92101720015_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) |
|
Text
92101720015_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
|
Text
92101720015_bab6.pdf Download (342kB) |
|
Text
92101720015_daftarpustaka.pdf Download (370kB) |
|
Text
92101720015_suratpernyataan.pdf Download (325kB) |
Abstract
ABSTRAK NUR OKTAWIYANA DEWI, 2022, Implementasi Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Modern Al-Barokah Patianrowo Nganjuk, Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Dr. Hj. Munifah, M.Pd. 2. Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum, KMI, Pondok Moden Al-Barokah. Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) merupakan suatu lembaga yang diperuntukkan untuk mencetak guru agama Islam, yang pelaksanaan program pendidikan pada jenjang pendidikan menegah, dengan masa belajar 4-6 tahun yang setara dengan Tsanawiyah dan Aliyah. Kurikulum tersebut berasal dari Pondok Modern Darrusalam Gontor. Yang kemudian juga diimplementasikan di Pondok Modern Al-Barokah tentunya sesuai dengan kondisi yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan kurikulum Kulliyatul Mu’allimin AlIslamiyah (KMI) di Pondok Modern Al-Barokah, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran serta dampak yang ditimbulkan dari adanya implementasi kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Modern AlBarokah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. yaitu untuk menjelaskan atau menggambarkan suatu keadaan, peristiwa, objek apakah orang atau segala sesuatu yang terkait dengan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Modern Al-Barokah yang berada di Desa Ngepung, Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk. Informan dari penelitian sebanyak 10 orang. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yang diperoleh dari Direktur KMI, Staff KMI dan Staff guru serta santri pondok modern Al-Barokah serta data sekunder berasal dari dokumen-dokumen yang terkait implementasi kurikulum KMI. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi, kemudian dianalisis dan dicek keabsahan datanya. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1). Tujuan Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Modern Al-Barokah. 2). Pelaksanaan Pembelajaran pada kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) yakni berupa waktu pelaksanaan, materi/bahan ajar yang digunakan, serta metode pembelajaran yang digunakan. 3). Evaluasi Pembelajaran pada kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Modern Al-Barokah, yakni menggunakan instrument penilaian berupa ujian tulis (Tahriri), ujian lisan (syafahi), dan ujian praktik (Tathbiqi) yang termuat dalam UTS, UAS, dan EBTA. Aspek yang dinilai, meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. 4). Dampak adanya implementasi kurikulum KMI, yakni berdampak terhadap siswa, guru, serta lembaga pendidikan/ Pondok Modern Al-Barokah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Oktawiyana Dewi |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 06:53 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 06:53 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7535 |
Actions (login required)
View Item |