Implementasi Kegiatan Pramuka Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anggota Pramuka Kelas 5 Putri Di MI Roudlotul Muta'abbidin Payaman Solokuro Lamongan

Syafa'ah, Hamidatus (2022) Implementasi Kegiatan Pramuka Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anggota Pramuka Kelas 5 Putri Di MI Roudlotul Muta'abbidin Payaman Solokuro Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932601518_prabab.pdf

Download (533kB)
[img] Text
932601518_bab1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
932601518_bab2.pdf

Download (298kB)
[img] Text
932601518_bab3.pdf

Download (110kB)
[img] Text
932601518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
932601518_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
932601518_bab6.pdf

Download (157kB)
[img] Text
932601518_daftarpustaka.pdf

Download (145kB)
[img] Text
932601518_suratpernyataan.pdf

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK HAMIDATUS SYAFA‟AH, Dosen Pembimbing Dewi Agus Triani, M,Pd. I dan Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd. : Implementasi Kegiatan Pramuka Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anggota Pramuka Kelas 5 Puteri Di MI ROUDLOTUL MUTA‟ABBIDIN Payaman Solokuro Lamongan, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Kepramukaan dan Kedisiplinan Upaya guru dan kakak pembina dalam membentuk karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan melakukan berbagai program kegiatan pramuka, dan melaksanakan berbagai perlombaan antar kelas maupun kecamatan dan kabupaten. Dalam pengajaran pembentukan karakter tentu perlu metode yang ditentukan dan disesuaikan dengan karakteristik siswa anggota pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran dan hasil atau dampak yang dirasakan siswa anggota pramuka terhadap implementasi pendidikan karakter kedisiplinan anggota. Penelitian ini menggunakan deskriptf kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MI ROUDLOTUL MUTA‟ABBIDIN Payaman Solokuro Lamongan. Hal ini melibatkan bapak kepala sekolah dan kakak pembina kelas 5, untuk memperoleh data. Pengumpulan data yang dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: siswa anggota pramuka akan mampu menjalankan tata tertib yang ada di dalam kegiatan kepramukaan terutama kedisiplinan. Tentunya kaka pembina dan guru akan membantu mengoptimalkan kegiatan tersebut supaya peserta bisa mengimplementasikan kedisiplinan dengan baik, dengan cara diberikan punishment (hukuman), bisa berupa push up sebanyak 10 kali bagi peserta laki-laki dan stand up 10 kali bagi peserta perempuan, berharap supaya kedepannya tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dan untuk upaya mengembangkan potensi peserta pramuka adalah dengan mengadakan evaluasi dengan mengikuti lomba antar kelompok kecil dalam kegiatan pramuka tersebut atau bisa diikutkan lomba antar kecamatan dan kabupaten.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hamidatus Syafaah
Date Deposited: 19 Jan 2023 05:04
Last Modified: 19 Jan 2023 05:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7531

Actions (login required)

View Item View Item