Umarrulloh, Rico (2022) Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Kompetensi Dan Keahlian Siswa Jurusan Otomotif Kelas Toyota Daihatsu Di SMK Dwija Bhakti 2 Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932404118_pra bab.pdf Download (890kB) |
|
Text
932404118_bab1.pdf Download (450kB) |
|
Text
932404118_bab2.pdf Download (494kB) |
|
Text
932404118_bab3.pdf Download (343kB) |
|
Text
932404118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
|
Text
932404118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
Text
932404118_bab6.pdf Download (207kB) |
|
Text
932404118_daftar pustaka.pdf Download (422kB) |
|
Text
932404118_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932404118_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (136kB) |
Abstract
RICO UMARRULLOH, Dosen Pembimbing Dr. Erwin Indrioko, M.Pd.I dan Intan Nuyulis Naeni Puspitasari, M.Pd.I, Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Kompetensi dan Keahlian Siswa Jurusan Otomotif Kelas Toyota Daihatsu di SMK Dwija Bhakti 2 Jombang, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Manajemen Strategik, Kompetensi dan keahlian Siwa Kelas Toyota Daihatsu. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan juga teknologi. Dunia pendidikan mengalami persaingan yang semakin ketat termasuk lembaga pendidikan pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Banyak masalah-masalah yang ada dilingkungan sekitar seperti tingkat keterserapan lulusan pendidikan kejuruan (SMK) yang rendah, kurikulum yang belum merespon dunia industri, sarana-prasarana minim, guru yang kurang kompeten, pembelajaran yang monoton teori dan dihanya dikelas, ataupun masalah belum maksimalnya keterhubungan antara sekolah kejuruan dengan dunia industri. Urgensi Sekolah Menengah Kejuruan dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat dengan sekolah-sekolah lainnya, dituntut untuk terus mengembangkan terkait manajemen strategik yang ada disekolah dengan tujuan seluruh proses yang dijalankan memiliki efektifitas dan juga mudah dalam proses pengembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan kegiatan dalam meningkatkan kompetensi dan keahlian siswa jurusan otomotif kelas toyota daihatsu, 2) Pengorganisasian kegiatan dalam meningkatkan kompetensi dan keahlian siswa jurusan otomotif kelas toyota daihatsu, 3) Pelaksanaan kegiatan dalam meningkatkan kompetensi dan keahlian siswa jurusan ototmotif kelas toyota daihatsu, dan 4) Evaluasi kegiatan dalam meningkatkan kompetensi dan keahlian siswa jurusan otomotif kelas toyota daihatsu. Design penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Adapun sumber data yang dipilih yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, ketua program keahlian kelas toyota daihatsu, 2 guru produktif dan 2 siswa keals toyota daihatsu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan kegiatan dalam meningkatkan kompetensi dan keahlian siswa jurusan otomotif kelas toyota daihatsu di SMK Dwija Bhakti 2 Jombang ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: Analisi situasi saat ini, menentukan program-program yang akan ditetapkan, dan melakukan rapat bersama dalam menentukan program-program dikelas toyota daihatsu. 2) Pengorganisasian kegiatan dalam meningkatkan kompetensi dan keahlian siswa jurusan otomotif kelas toyota daihatsu ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: dalam proses pengelompokkan ini dilakukan dilakukan untuk mengatur peran kerja setiap individu yang ada dikelas toyota daihatsu agar memiliki peran dan tanggung jawab yang sesuai, dan mempermudah dalam proses pelaksanaan dan juga pengembangannya. 3) Pelaksanaan kegiatan dalam meningkatkan kompetensi dan keahlian siswa jurusan otomotif kelas toyota daihatsu, ada beberapa tahapan yang ada yaitu: 1) Program didalam kelas, ini mencakup beberapa proses pembelajaran yang ada yaitu sistem pembelajaran secara teori dan sistem pembelajaran secara praktek, dan ada 2) Program diluar kelas yaitu kerjasama dengan dunia usaha/dunia industri (DU/DI) ini mencakup beberapa sistem pembelajaran yang ada yaitu adanya penerapan kurikulum DU/DI, kunjungan industri, pelaksanaan siswa magang, dan training terhadap guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Rico Ummarulloh |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 03:54 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 03:54 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7497 |
Actions (login required)
View Item |